Mitos Desa Cawitali di Tegal, Konon Menjadi Tempat Pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

Mitos Desa Cawitali di Tegal, Konon Menjadi Tempat Pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

mitos desa cawitali di tegal --

radartegal.id- Desa Cawitali yang terletak di ujung berbatasan Dukuh Cenggini dan Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Ternyata memiliki sejumlah cerita mitos yang membuat orang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Mitos desa Cawitali menjadi destinasi menarik untuk ditelisiki bagi para sejarawan. Hal ini dikarenakan banyaknya cerita mitos yang menarik ada di desa tersebut. 

Desa Cawitali selain memiliki banyak cerita mitos, ternyata juga  memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik objek wisata di antaranya curug monyet yang letaknya di dukuh gunung guntur. Lalu curug Pengantin yang letaknya di Dukuh Kembang.

Konon katanya mitos desa Cawitali menjadi jejak perjalanan dan persinggahan Syekh Siti Jenar. Ingin tahu lebih lengkap mengenai mitos desa cawitali. Simak sampai selesai. 

BACA JUGA: Arti Mitos Bunyi Tokek, dari Suara Pertama hingga ke-15 Punya Arti yang Berbeda-beda

BACA JUGA: Mitos Sungai Ketiwon Tegal, Konon Di Huni Sosok Buaya Putih Dan Naga Raksasa

Mitos Desa Cawitali Di Tegal 

                                   

Mitos Tempat pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

Selain mitos berkaitan dengan hantu air atau dikenal dengan Wiyangga, Curug Pengantin juga digunakan untuk pertapaan orang dulu guna mencari kesaktian. Bukan hanya itu saja, tempat tersebut juga digunakan untuk melarung benda-benda pusaka.

Menurut warga setempat, sungai di Curug Pengantin tersebut menjadi salah satu sungai yang digunakan oleh orang-orang dulu untuk melarung benda pusaka.

Mitos lainnya yang berkembang di masyarakat sekitar, Curug Pengantin merupakan tempat pertempuran antara Raden Arjuna dengan Adipati Karna. Terlepas itu merupakan mitos yang harus kita hargai, tetapi cerita pertempuran antara Raden Arjuna dengan Adipati Karna merupakan cerita pewayangan yang digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan agama Islam. 

BACA JUGA: 7 Hewan yang Mitosnya Dikaitkan dengan Kematian, Ada yang Bisa Mengontrol Arwah?

BACA JUGA: Mitos Curug Pengantin di Tegal, Konon Pasangan Kekasih Yang Berkunjung Hubungannya Tidak Langgeng

Sumber: