Mitos Desa Cawitali di Tegal, Konon Menjadi Tempat Pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

Mitos Desa Cawitali di Tegal, Konon Menjadi Tempat Pertempuran Raden Arjuna dan Adipati Karna

mitos desa cawitali di tegal --

Tempat persinggahan Syekh Siti Jenar

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat sekitar, Dukuh Lemah Abang, Desa Cawitali merupakan salah satu tempat yang dikunjungi oleh Syekh Siti Jenar sewaktu melakukan perjalanan dari Demak menuju Banten. Tempat petilasan di Dukuh Lemah Abang diberi nama Petilasan Depok. 

Petilasan tersebut mirip dengan petilasan Syekh Siti Jenar di tempat lain yaitu terletak di tempat yang sulit untuk dijamah. Dukuh Lemah Abang sendiri terletak di sisi barat bukit, dikelilingi hutan dan aliran sungai.

Terdapat 2 makam di petilasan tersebut, lalu setiap tanggal 10 Muharram diadakan acara sedekah bumi. Dulunya dukuh Lemah Abang bernama dukuh Keputihan. Lalu setelah datangnya Syekh Siti Jenar berganti menjadi Dukuh Lemah Abang. 

Dukuh Lemah Abang dilewati oleh sungai yang mengalir hingga Desa Wanasari, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal yaitu Kali Kumisik. Di mana sungai tersebut di Dukuh Lemah Abang terdapat beberapa arca yaitu Arca Ula, Arca Watu Sembrani, Arca Sepur.

                                     

BACA JUGA: Sejarah Asal-usul dan Mitos Wisata Curug Putri, Konon Tempat Turunnya Bidadari dari Kahyangan ke Bumi

BACA JUGA: 7 Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Karir Melejit dan Kedatangan Tamu?

Kesimpulan 

Mitos desa Cawitali menjadi destinasi menarik untuk ditelisiki bagi para sejarawan. Hal ini dikarenakan banyaknya cerita mitos yang menarik ada di desa tersebut.selain itu desa ini juga memiliki beberapa wisata seperti curug Pengantin yang letaknya di Dukuh Kembang.

Demikian informasi mengenai mitos Desa cawitali di Tegal semoga bermanfaat.

Sumber: