3 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Nekat ke Rumah saat Ramadan, Ibadah Bisa Kembali Tenang

3 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Nekat ke Rumah saat Ramadan, Ibadah Bisa Kembali Tenang

3 cara mengatasi DC pinjol ke rumah saat Ramadan-freepik-

Meski sedang hari raya, DC pinjol tetap akan melaksanakan tugasnya untuk menagih hutang kepada para nasabahnya yang menunggak. Apalagi jika nasabah tidak segera membayar dalam kurun waktu yang diberikan, maka biasanya akan didatangi ke rumah.

1. Komunikasikan dengan Pihak Pinjol

Tips ini bisa Anda lakukan sebelum DC pinjol mendatangi rumah Anda. Komunikasikan dulu alasan mengapa Anda telat bayar hutang. 

Anda bisa coba ajukan perjanjian penagihan utang selama Ramadan agar mereka tidak perlu datang ke rumah. Namun, pastikan Anda benar-benar menepati perjanjian tersebut agar kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

BACA JUGA: 4 Cara Bayar Hutang Pinjol agar Tidak Dikejar DC selama Ramadan, Bisa Pakai Program Ini

2. Gunakan Layanan Konsumen

Cara atasi debt collector pinjol berikutnya bisa dengan gunakan layanan konsumen. Layanan ini tidak memberikan sejumlah uang kepada Anda agar bisa membayar utang, namun memberikan nasihat atau saran agar bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Cari Alternatif

Cara mengatasi DC pinjol ke rumah saat Ramadan yaitu bisa cari alternatif keuangan lain. Semisal jika petugas memang sudah mendatangi Anda sementara belum ada uang tunai, Anda bisa coba ajukan alternatif pembayaran lain.

Entah itu dengan menggadai barang berharga sebagai jaminan, yang kemudian nanti Anda tebus dalam kurun waktu tertentu. Anda juga bisa coba ajukan restrukturisasi utang kepada mereka agar bisa meringankan pembayaran hutang yang tersisa.

Penutup

Cara di atas tadi bisa sebagai solusi aman untuk menghadapi DC lapangan pinjol yang datang ke rumah menagih utang. Sebagai saran, jangan sesekali mengajukan pinjaman baru lagi untuk menutupi utang di platform pinjol saat ini.

BACA JUGA: 3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Jelang Ramadan, Hati-hati Terjerat Tanpa Sadar

Sebab, hal ini hanyalah akan menambah beban utang yang ada. Justru Anda akan semakin sulit mengatasi hutang pinjaman dimana-mana.

Itulah 3 cara mengatasi DC pinjol yang datang ke rumah saat Ramadan yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: