Tidak Laku Gegara Citra yang Buruk, Mobil Listrik China Menumpuk Di Pelabuhan Eropa

Tidak Laku Gegara Citra yang Buruk, Mobil Listrik China Menumpuk Di Pelabuhan Eropa

Gegara Citra yang Buruk, Mobil Listrik China Menumpuk Di Pelabuhan Eropa Karena Tidak Laku--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Dunia otomotif baru-baru ini dikejutkan dengan berita dari industri otomotif China yang mengalami plunder atau kebingungan besar. Disatu sisi, mereka banyak memproduksi mobil listrik China dengan spesifikasi yang canggih.

Tidak hanya itu, saja spesifikasi pada mobil listrik China yang diproduksi bahkan bisa melebihi mobil-mobil buatan Eropa. Sayangnya disisi lain, mobil-mobil tersebut menumpuk dipelabuhan Eropa karena tidak laku terjual.

Adapun penyebab dari tidak lakunya mobil listrik China yang diproduksi masif ini dikarenakan citra merek mobil China yang dicap buruk oleh orang-orang eropa. Citra buruk ini juga diperkuat karena adanya praktik industri China yang konon sering kali memproduksi mobil tiruan.

Kendati demikian, industri otomotif China telah mengalami kemajuan yang pesat selama 10 tahun belakangan. Mereka terlihat sudah mulai beralih dari memproduksi mobil tiruan ke mengembangkan mobil mereka sendiri salah satunya seperti mobil listrik China ini.

BACA JUGA:Bosan dengan Desain Brio? Ini Spesifikasi Toyota Agya G yang Punya Konsumsi BBM Lebih Irit dari Mobil Hybrid

Mobil listrik China telah mengalami peningkatan yang bisa dibilang lebih bagus bahkan sudah dilenghkapi dengan berbagai teknologi dan fitur yang mutakhir.

Lebih dari itu, strategi ekspansi China ke pasar Eropa yang mereka lakukan sekarang ini mirip dengan yang Jepang lakukan pada tahun 1960-an dan 1970-an. 

Kala itu, mobil-mobil Jepang masih diragukan kualitasnya oleh orang-orang Eropa. Namun, Jepang berhasil menembus pasar dengan menjual mobil-mobilnya dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, desain mobil-mobil jepang juga dibuat lebih modern dan mengikuti zaman, namun tetap mempertahankan harga murahnya. China sendiri dalam memasarkan mobil listrik China ataupun jenis mobil lainnya kemungkinan akan mengikuti strategi Jepang.

BACA JUGA:Kapan Sebaiknya Oli Transmisi Mobil Matic Diganti? Ini Panduan Lengkap untuk Menjaga Performa Mobil Anda

Dimana mereka akan fokus pada harga yang kompetitif dan desain mobil yang menarik, khususnya bagi konsumen Eropa yang saat ini masih meragukan kualitas mobil-mobil China.

Namun, untuk benar-benar berhasil, industri Otomotif China perlu membangun citra merek mereka yang lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk, membangun brand awareness, serta menjalin kerjasama dengan perusahaan Eropa.

Akhir kata

Nah jadi itulah, ulasan seputar industri otomotif China yang sekarang tengah kebingungan karena mobil listrik China mereka masih tertampung di pelabuhan Eropa karena belum laku.

Sumber: youtube: millenialzkece