3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Jelang Ramadan, Hati-hati Terjerat Tanpa Sadar

3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Jelang Ramadan, Hati-hati Terjerat Tanpa Sadar

3 modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan-freepik-

RADAR TEGAL – Kenali 3 modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan yang harus Anda tahu. Sebab, cara mereka menipu melalui pinjaman online (pinjol) ini cukup sering terjadi bahkan tidak disadari oleh orang-orang.

Modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan ini tujuannya tentu untuk mendapatkan keuntungan sendiri, dengan cara merugikan orang lain. Meski sudah selalu diblokir oleh OJK, tetap saja ada sejumlah layanan ilegal yang terus muncul mencari korban.

Salah satu modus penipuan ilegal jelang Ramadan yang terjadi yaitu salah transfer uang. Tidak jarang ada pengaduan dari sejumlah orang yang bahkan tidak pernah menggunakan pinjol mengalami hal ini.

Lebih lanjut berikut 3 modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan yang harus Anda tahu. Simak ulasannya sampai akhir artikel di bawah.

3 Modus penipuan pinjol ilegal jelang Ramadan

Pinjaman online ilegal memiliki sejumlah cara untuk menipu korbannya termasuk menjelang bulan Ramadan. Agar Anda tidak menjadi salah satu korbannya, Anda harus pahami sejumlah cara pinjol ilegal menipu di bawah ini yang sering terjadi.

BACA JUGA: Jangan Panik, Begini Cara yang Benar Balas Chat DC Pinjol untuk Menyelesaikan Hutang

1. Salah transfer

Pinjol ilegal seringkali akan transfer sejumlah uang tiba-tiba ke korbannya. Nanti mereka akan menghubungi orang tersebut dan meminta agar uang dikembalikan.

Pinjol ilegal akan mengirimkan sebuah link atau tautan maupun meminta korban mengunduh suatu aplikasi. Hal ini katanya sebagai bukti bahwa sudah transfer uang itu kembali.

Jika Anda mendapatkan pengalaman seperti ini, jangan asal klik link atau asal unduh aplikasi yang diminta. Sebab, mereka bisa mengambil data-data pribadi Anda lewat link atau izin akses aplikasi tersebut.

Mulai dari seluruh kontak Anda, media seperti foto dan video, catatan panggilan, akun mobile banking, dan lainnya. Anda bisa langsung laporkan hal ini kepada pihak berwajib agar mendapatkan tindakan lebih lanjut.

BACA JUGA: 3 Cara Pinjol Ilegal Menagih Hutang Meski Tak Punya DC Lapangan ke Rumah, Jangan Sampai Galbay

2. Menawarkan pinjaman

Sumber: