3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh-desain by writer-freepik.com/vecstock

Cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki TV LED bergaris vertikal:

  • Periksa Kabel Data

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kabel data yang menghubungkan panel LCD dengan IC vertikal. Pastikan kabel data terpasang dengan benar dan tidak ada kerusakan. 

BACA JUGA: 5 Cara Membersihkan Layar TV LED, Waspada Goresan, Baret dan Kerusakan Permanen

Anda dapat memeriksa kabel data dengan melepaskan kabel data dari TV dan memeriksanya secara visual. Jika Anda melihat ada kerusakan pada kabel data, maka Anda perlu mengganti kabel data tersebut.

  • Ubah Pengaturan TV

Jika garis vertikal hanya muncul pada beberapa saluran TV, maka coba ubah pengaturan TV. Coba ubah resolusi layar atau mode gambar, perubahan pengaturan TV ini dapat membantu memperbaiki masalah jika garis vertikal disebabkan oleh masalah perangkat lunak.

  • Reset TV

Jika garis vertikal masih muncul setelah mengubah pengaturan TV, maka coba reset TV. Reset TV akan mengembalikan TV ke pengaturan pabrik juga dapat membantu memperbaiki masalah jika garis vertikal disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau bug.

  • Ganti IC Vertikal

Jika garis vertikal tidak hilang setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka kemungkinan penyebabnya adalah IC vertikal yang rusak. IC vertikal adalah komponen yang cukup mahal, sehingga Anda perlu membawa TV Anda ke service center untuk diganti.

BACA JUGA: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan TV LED Samsung 24 Inch, Kekurangannya Bisa Dimaklumi!

  • Ganti Panel LCD

Jika IC vertikal sudah diganti tetapi garis vertikal masih muncul, maka kemungkinan penyebabnya adalah panel LCD yang rusak. Panel LCD adalah komponen yang cukup mahal, sehingga Anda perlu membawa TV Anda ke service center untuk diganti.

Tips mencegah TV LED bergaris vertikal

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah TV LED bergaris vertikal:

  • Hindari menggunakan TV LED di tempat yang lembap atau panas

Tempat yang lembap atau panas dapat menyebabkan kerusakan pada panel LCD. Maka dari itu, penting untuk meletakan TV LED di tempat yang tepat.

  • Hindari menjatuhkan atau memukul TV LED

Jatuh atau memukul TV LED dapat menyebabkan kerusakan pada panel LCD. Jauhkan TV LED dari jangkauan anak-anak atau di tempat yag terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

BACA JUGA: Spesifikasi TV LED SAMSUNG UA32N4003 Layar 32 Inch Harga 2 Jutaan, Kualitas Visual Jernih dan Halus

  • Gunakan TV LED sesuai dengan petunjuk penggunaan

Sumber: