3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh

3 Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal, Bisa Cepat Pulih Loh-desain by writer-freepik.com/vecstock

RADAR TEGAL - Jika TV LED milik Anda bergaris vertikal dan mengalami beberapa masalah setelah menggunakannya maka artikel ini cocok untuk Anda. Kira-kira bagaimana cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal? Simak artikel ini hingga selesai!

Gangguan garis vertikal pada TV LED tentu membuat Anda merasa tidak nyaman dan terganggu dalam mendapatkan hiburan. Maka dari itu sangat penting untuk menegtahui cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal. 

Memang benar bahwa TV LED bergaris vertikal adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pengguna TV LED. Namun tidak ada salahnya untuk memahami cara memperbaiki TV LED yang bergaris vertikal.

Garis vertikal ini dapat muncul di satu sisi layar, di tengah layar, atau di seluruh layar dengan warna hitam, putih, atau warna lain. Dengan begitu, cara memperbaiki TV LED yang bergaris vertikal menjadi sangat penting untuk mengurangi kerusakan yang lebih parah lagi.

BACA JUGA: Deretan Merk TV LED 43 Inch Terbaik, Harga Rp3,9-5 Juta dengan Teknologi Gambar Kekinian sampai AI

Penyebab TV LED bergaris vertikal

Ada beberapa penyebab TV LED bergaris vertikal antara lain:

  • Masalah pada Panel LCD

Panel LCD adalah komponen utama yang menampilkan gambar pada layar TV LED. Jika panel LCD mengalami kerusakan, maka garis vertikal dapat muncul di layar. 

Kerusakan pada panel LCD dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti benturan, panas yang berlebihan, atau kelembapan yang tinggi. Hal ini juga dapat menjadi penyebab TV LED bergaris vertikal.

  • Masalah pada IC Vertikal

IC vertikal adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengendalikan bagian vertikal dari layar TV LED. Jika IC vertikal mengalami kerusakan, maka garis vertikal dapat muncul di layar. 

BACA JUGA: Tips Merawat TV LED Agar Masa Pakainya Panjang, Paling Penting Perhatikan Pemasangannya Jangan Asal!

Kerusakan pada IC vertikal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tegangan listrik yang tidak stabil, atau arus pendek. Maka dari itu penting untuk memperhatikan tanda-tanda dan kondisi TV LED.

  • Masalah pada Kabel Data

Kabel data adalah komponen yang menghubungkan panel LCD dengan IC vertikal. Jika kabel data mengalami kerusakan, maka garis vertikal dapat muncul di layar. 

Kerusakan pada kabel data dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti benturan, tarikan yang berlebihan, atau korosi. Meski terlihat sepele, tetapi kerusakan pada kabel data juga tidak bisa dianggap remeh.

Sumber: