Bantuan BLT El Nino 2023, Ketua DPR RI Puan Maharani Ingatkan Penyalurannya Harus Tepat Sasaran

Bantuan BLT El Nino  2023, Ketua DPR RI Puan Maharani Ingatkan Penyalurannya Harus Tepat Sasaran

Penerima bantuan BLT El Nino-Instagram@jajangkur77-

RADARTEGAL- Memasuki akhir tahun Pemerintah RI melalui Kemensos memberikan bantuan BLT El Nino 2023 kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat alias KPM. Bantuan BLT  El Nino 2023 ini diberikan warga yang terdampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino yang telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) Kementerian Sosial RI.

18, 8 Juta Keluarga Penerima Manfaat

Rencananya Kemensos RI akan memberikan bantuan  El Nino 2023 terhadap 18, 8 Juta Keluarga Penerima Manfaat  BNPT,KKS dan PKH.

Syarat utama penerima BLT El Nino meraka yang tergolong masyarakat kategori kelompok keluarga miskin dan terdaftar resmi sebagai penerima bantuan program Keluarga Harapan (PKH).

Nanti penerima bantuan yang terdaftar pada data DTKS akan mendapat bantuan Rp200.000 selama dua bulan November dan Desember dengan total Rp400.000 melalui kantor pos.

BACA JUGA:Paylater Livin Mandiri Hadirkan Kenyamanan Bertransaksi, Simak Cara Paling Gampang Pengajuannya

BACA JUGA:5 Risiko Bayar Tagihan Pinjol di Luar Aplikasi, Siap-siap Ada Biaya Tambahan!

Hal tersebut dikatakan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat melakukan rapat kerja dengan komisi VIII DPR RI. Ia menyebutkan bahwa bantuan langsung tunai BLT El Nino akan segera disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

“Yang El Nino, Kami sudah usulkan dengan biaya salur PT Pos. Kenapa kita berani dua bulan, karena dengan PT Pos itu lebih cepat,” kata Tri Rismaharini.

Kemudian Tri Rismaharini juga memastikan bahwa rencana pencairan BLT El Nino dilakukan sebelum akhir tahun 2023. Masyarakat yang akan mencairkan bisa melakukan pengecekan daftar penerima bansos di situs cek bansos Kemensos RI di cekbansos.kemensos.go.id.

Ketua DPR RI Ingatkan Bantuan Harus Disalurkan Tepat Sasaran

Melansir laman dpr.go. id Dewan Perwakilan Rakyat yang diwakili Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kepada pemerintah RI dalam hal ini Kemensos RI. Program bantuan langsung tunai atau BLT El Nino bagi masyarakat terdampak kemarau panjang  disalurkan tepat sasaran dan betul-betul yang membutuhkan.

BACA JUGA:Banyak Keluhan soal Bansos, Dinsos Undang Kades dan Lurah Se-Kabupaten Tegal Validasi Data Kemiskinan

"DPR mendukung upaya Pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak El Nino, dengan syarat BLT tepat sasaran dan prosesnya dilakukan dengan kebijakan yang bijaksana, adil, dan terencana," kata Puan.

Tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan El Nino 2023 menurut Puan perlu melakukan update data penerima bantuan. Dengan cara update data terbaru masyarakat yang benar-benar terdampak badai El Nino memperoleh haknya.

"Jangan sampai, masyarakat yang justru terdampak badai El Nino malah tidak mendapat bantuan karena ketidakakuratan data,” tegas Politisi Fraksi PDI Perjuangan.

Menurut Puan, pemerintah perlu melakukan evaluasi terus menerus terhadap program penyaluran dana BLT. Dengan cara yang demikian tidak lagi ada kecurangan selama proses penyaluran berlangsung.

BACA JUGA:Kapan Bansos El Nino Bisa Cair? Cek Penerima Bantuan Lewat Laman Kemenkes Sekarang

"Dengan memahami dampak intervensi, Pemerintah dapat melakukan penyesuaian dan meningkatkan efektivitas program secara berkelanjutan. Ini mencakup evaluasi terhadap distribusi dana, respons masyarakat, dan dampak riil pada tingkat kesejahteraan penerima manfaat," kata ketua DPR RI.

Puan juga menekankan penyaluran BLT El Nino harus fokus pada dua aspek, yaitu keadilan bagi penerima manfaat dan efektifitas program. Ketua DPR RI juga mendorong pemerintah melakukan pendekatan dan kolaboratif antar kementerian dan lembaga serta pihak swasta mengatasi dampak El Nino.

Menurut Puan program penyaluran BLT El Nino menjadi langkah bijaksana mempunyai dampak positif dalam jangka panjang.

 “Program penyaluran BLT El Nino ini harus menjadi langkah yang bijaksana dan berdampak positif dalam jangka panjang," kata Puan Maharani.

BACA JUGA:5 Bansos yang Cair Sekaligus di Bulan November 2023, Simak Cara Cek Daftar Penerimanya di SINI

Kesimpulan

Fenomena El Nino yang terjadi di musim kemarau tahun 2023 berdampak pada masyarakat dan melihat kondisi ini pemerintah menggelar bantuan BLT El Nino 2023. Bantuan BLT El Nino 2023 tersebut diberikan oleh Kemensos RI 18,8 juta penerima KPM telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) Kementerian Sosial RI.

Penerima bantuan yang terdaftar pada data DTKS akan mendapat bantuan Rp200.000 selama dua bulan November dan Desember dengan total Rp400.000 melalui kantor pos.

Demikian tadi ulasan singkat bantuan BLT El Nino 2023 yang di gelar Kemensos Ri di akhir tahun 2023. (*)

Sumber: