5 Risiko Bayar Tagihan Pinjol di Luar Aplikasi, Siap-siap Ada Biaya Tambahan!

5 Risiko Bayar Tagihan Pinjol di Luar Aplikasi, Siap-siap Ada Biaya Tambahan!

5 risiko bayar tagihan pinjol di luar aplikasi -freepik-

RADAR TEGAL – Perlu Anda ketahui ada 5 risiko yang terjadi jika bayar tagihan pinjol di luar aplikasi. Salah satunya akan ada biaya tambahan yang diberikan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Risiko bayar tagihan pinjol di luar aplikasinya ini memang cukup riskan dan sebaiknya jangan dilakukan, sekalipun Anda dalam keadaan mendesak. Lebih aman langsung bayar di aplikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Simak berikut 5 risiko bayar tagihan pinjol di luar aplikasi yang harus Anda ketahui. Pastikan Anda menyimak pembahasan artikel ini sampai akhir.

5 risiko bayar tagihan pinjol di luar aplikasi

Ada sejumlah bahaya yang harus diketahui jika membayar cicilan pinjaman online di luar aplikasinya. Berikut diantaranya.

BACA JUGA : 4 Aturan Baru Soal Kontak Darurat Pinjol, Nasabah Gak Bisa Asal Setor Nomor Orang Lain!

1. Keamanan data pribadi

Bahaya membayar cicilan di luar aplikasi resmi pinjol yaitu keamanan data pribadi yang kemungkinan dicuri. 

Saat mendaftar pinjaman online, pengguna pasti diminta untuk memberikan sejumlah informasi pribadi sebagai persyaratan daftar. Mulai dari nomor rekening, kartu identitas alias KTP, dan sebagainya.

Jika membayar tagihan selain di aplikasi resmi, bisa saja data-data tersebut disalahgunakan untuk hal tertentu, dicuri, bahkan ada risiko penipuan.

2. Tidak memiliki bukti pembayaran

Risiko bayar tagihan pinjol di luar aplikasi berikutnya yaitu tidak ada bukti bayar. Beda halnya jika membayar di aplikasinya langsung, sudah ada bukti transaksi digital.

BACA JUGA : 5 Alasan Mengapa Pengguna Pinjol Lebih Rentan Jadi Korban Penipuan Online

Jika tidak ada bukti bayar, maka si pengguna bisa rentan terkena tuntutan atau semacamnya oleh pihak pinjol. Selain itu, jika tidak ada bukti pembayaran juga sulit untuk dilacak atau dibuktikan bahwa pengguna memang benar-benar sudah bayar.

Sumber: