9 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Tegal Umi Azizah Khawatirkan Hal Ini

9 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Tegal Umi Azizah Khawatirkan Hal Ini

ANTRE - Sejumlah warga yang mengalami krisis air bersih di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal antre bantuan air yang disalurkan oleh petugas PMI.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Umi juga menyarankan, agar warga membuat lubang biopori. Karena selain bermanfaat untuk komposter, juga bisa berfungsi sebagai resapan air. Dengan begitu, air tanah akan selalu tersedia meski musim kemarau.

"Cara ini sudah dipraktikkan di Pondok Pesantren Al-Adalah di Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal," sambung Umi.

Umi menghendaki, khusus untuk desa-desa yang langganan krisis air bersih supaya membuat hidran umum. Hidran dapat diakomodir oleh pemerintah desa. 

Nantinya, warga secara swadaya dengan dibantu pemerintah desa iuran untuk membeli air bersih, kemudian ditampung dan disalurkan melalui hidran umum.

“Selain dibuat oleh desa, saya juga akan minta ke DPUPR agar bisa membuatkan hidran umum," ucapnya.

BACA JUGA:Bencana Kekeringan Jateng, Ini Langkah Antisipasi Krisis Air Bersih yang Ganjar Siapkan

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Kian Meluas, Bupati: 18 Tangki Air Sudah Digelontorkan

Antisipasi krisis air bersih ini, Umi juga mengadopsi kreativitas warga Yogyakarta yang telah membuat talang air.

Sistem kerjanya yakni, talang air akan menampung air hujan yang kemudian disalurkan ke dalam tangki atau bak penampungan dan sumur resapan.

"Nanti pas musim kemarau, air itu bisa dimanfaarkan," kata Umi menyarankan. 

Fenomena El Nino yang terjadi di Kabupaten Tegal memang menyebabkan musim kemarau semakin panjang. Buntutnya, kekeringan terjadi di sejumlah wilayah.

BACA JUGA:Terdampak Fenomena El Nino, Warga di Pantura Kota Tegal Kesulitan Air Bersih

BACA JUGA:Terdampak Badai El Nino, 450 Hektar Padi di Kabupaten Tegal Terancam Gagal Panen

Demi mendistribusikan air bersih pada warganya yang terdampak El Nino, Bupati Tegal Umi Azizah kembali turun ke lapangan pada Selasa, 05 September 2023. Tiga desa yang mendapat kunjungan bupati yakni Desa Pener Kecamatan Pangkah, Desa Karangmulya dan Desa Harjasari Kecamatan Suradadi.

Nur Azizah, 37 tahun mengaku senang dengan bantuan pemerintah ini. Menurutnya, krisis air bersih yang menjadi dampak fenomena El Nino di lingkungannya sudah terjadi sejak awal April 2023.

Sumber: radartegal.disway.id