Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Kian Meluas, Bupati: 18 Tangki Air Sudah Digelontorkan

Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Kian Meluas, Bupati: 18 Tangki Air Sudah Digelontorkan

Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo saat menyalurkan bantuan air bersih saat terjadi krisis di Desa Tamansari Kecamatan Jatinegara.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Krisis air bersih di Kabupaten Tegal kian meluas. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena El Nino yang mengakibatkan kemarau panjang dan beberapa faktor lain.

"Krisis air bersih di Kabupaten Tegal semakin meluas. Desa-desa yang tahun lalu tidak butuh bantuan air bersih, sekarang banyak yang mengajukan bantuan air bersih," kata Bupati Tegal Umi Azizah, saat menyalurkan bantuan air bersih di Desa Tamansari Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, Jumat 1 September 2023.

Menurut Umi, selain dampak El Nino, krisis air bersih ini juga disebabkan alih fungsi lahan yang sekarang digunakan untuk permukiman penduduk. 

Sehingga resapan air semakin berkurang. Karena itu, Umi mengajak masyarakat untuk rajin menanam pohon.

BACA JUGA:Dilanda Kemarau Ekstrem, Bantuan Air Bersih Digelontor Kejari Bersama PMI di 3 Kecamatan

BACA JUGA:Kekeringan Kian Meluas, 3 Desa di Kabupaten Pekalongan Minta Dropping Air Bersih

“Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan rumah juga bertambah. Pohon-pohon ditebang, sehingga sejengkal tanah yang kita miliki harus ditanami pohon,” ujarnya.

Upaya untuk mengurangi krisis air bersih, Umi mengaku telah menggelontorkan 18 tangki air bersih atau sekitar 108.000 liter air untuk 9 desa di empat kecamatan. 

Rinciannya, di Kecamatan Jatinegara terdapat 5 desa yang mendapatkan bantuan air bersih dari bupati yang bekerjasama dengan PMI dan Baznas Kabupaten Tegal. 

Antara lain, Desa Tamansari, Desa Dukuhbangsa, Desa Luwihjawa, Desa Lembahsari dan Desa Wotgalih.

BACA JUGA:Kekurangan Air Bersih Karena Kemarau Ekstrem, 3 Kecamatan di Kabupaten Tegal Digelontor PMI

BACA JUGA:Kantor PT Tirta Utama Jawa Tengah Diresmikan, Ganjar Minta Perseroda Air Bersih Lakukan Ini

Kemudian di Kecamatan Suradadi 2 desa, yakni Desa Harjasari dan Desa Jatimulya.

Sementara di Kecamatan Warureja dan Kecamatan Kedungbanteng, masing-masing hanya satu desa. Yaitu, Desa Kedungkelor dan Desa Karanganyar.

Sumber: