Usai Penyerahan, Kirab Pataka dari Pedepokan Purbaya Digelar Bersama Parade Gunungan Hasil Bumi

Usai Penyerahan, Kirab Pataka dari Pedepokan Purbaya Digelar Bersama Parade Gunungan Hasil Bumi

KIRAB PATAKA- Sebelum Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya digelar, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menggelar siaran pers di Studio Mini Humas Pemkab Tegal, Rabu, 15 Mei 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Usai penyerahan tombak kyai pleret dan pataka dari Pemerintah Kabupaten Tegal kepada sesepuh keluarga besar Kalisoka hari Rabu, 15 Mei 2024, Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya di Desa Kalisoka ke Monumen GBN Slawi dan selanjutnya menuju Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal, digelar Kamis, 16 Mei 2024 mulai pukul 08.30.  

Selain Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya, secara bersamaan juga berlangsung parade gunungan hasil bumi dari Monumen GBN menuju Rumah Dinas Wakil Bupati. Di depan rumah dinas tersebut sudah disiapkan panggung kehormatan yang menyambut kedatangan rombongan kirab.

Kirab pataka dari Padepokan Purbaya ini merupakan bagian rangkaian Hari jadi Kabupaten Tegal ke-423 yang tahun ini mengusung tema harmoni. Kabupaten Tegal genap berusia 423 tahun pada tanggal 18 Mei 2024 mendatang. 

Perjalanan panjang Pemerintahan Kabupaten Tegal sejak zaman kolonial Hindia Belanda hingga kemerdekaan RI tentu menyimpan banyak cerita dan peristiwa bersejarah untuk dikenang dan dilestarikan demi kemaslahatan generasi penerus.

BACA JUGA: Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, Pj Bupati Serahkan Tombak Kyai Plered ke Keluarga Kalisoka

“Sebagai wujud rasa syukur kita atas segala nikmat dan rahmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa serta penghormatan kepada para leluhur, para pendahulu sekaligus upaya pelestarian budaya jawa, kita perlu melaksanakan serangkaian peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal,” kata Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dalam siaran persnya di Studio Mini Humas Pemkab Tegal, Rabu, 15 Mei 2024.

Pj Bupati Tegal yang didampingi Sekda Amir Makhmud mengatakan, tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal tahun ini adalah Harmoni. Menurutnya, harmoni merupakan sebuah kondisi yang diperlukan untuk menciptakan tata kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal yang harmonis, ayem-tentrem di sekalipun dihadapkan pada tantangan kontestasi politik tahun ini.

Melalui semangat ini, Agustyarsyah berharap selalu terbangun rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan optimisme menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

“Selain menciptakan tata hubungan antarpihak yang selaras, serasi dan berkesinambungan, harmoni akan memotivasi setiap insan bekerja lebih giat, mampu membangun dan menjalankan usahanya dengan baik di tlatah Tegal ini,” tandasnya.

BACA JUGA: Dongkrak PAD Kabupaten Tegal, Pemkab Hapus Denda Keterlambatan Pajak di Hari Jadi ke-423

Selain Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya, acara pokok peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal Tahun 2024 ini sudah berlangsung sejak Senin, 13 Mei 2024. Mulai dari ziarah ke makam para pendiri Kabupaten Tegal seperti Ki Gede Sebayu, Sunan Amangkurat I, Ki Ageng Hanggawana, dan Pangeran Purbaya di hari itu.

Tasyakuran di Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal dijadwalkan digelar pada hari Jumat, 17 Mei 2024 mulai pukul 15.30.

Setelah Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya, selanjutnya digelar Kirab Pataka dari Rumah Dinas Wakil Bupati menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal bersama unsur Forkopimda, perangkat daerah, camat dan keluarga besar Kalisoka pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 mulai pukul 10.00. Sejumlah kereta kencana telah siapkan untuk meramaikan iring-iringan ini.

Di tempat dan waktu yang sama, acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD mulai pukul 11.00.

Sumber: