5 Jenis Minyak Zaitun yang Kaya akan Manfaat, Bisa Mengurangi Tanda Penuan Dini Dijamin Awet Muda

5 Jenis Minyak Zaitun yang Kaya akan Manfaat, Bisa Mengurangi Tanda Penuan Dini Dijamin Awet Muda

5 Jenis Minyak Zaitun-Youtube | IndoFarm ID-

Beberapa senyawa fenolik ini telah terbukti memiliki efek antioksidan pada manusia, yang dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, kanker, serta memiliki manfaat anti-inflamasi dan antimikroba. 

Minyak zaitun extra virgin biasanya digunakan sebagai bahan dressing salad atau untuk perawatan tubuh, seperti kulit dan rambut.

Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun extra virgin tidak digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi karena hal ini dapat merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Virgin Olive Oil

Seperti halnya Extra Virgin Olive Oil, minyak zaitun yang masuk dalam kategori virgin tidak mengalami proses pemurnian (unrefined). Minyak ini juga tidak dipanaskan atau menggunakan bahan kimia.

Dalam hal kualitas, Virgin Olive Oil berada di bawah Extra Virgin Olive Oil. 

Jenis minyak zaitun khusus ini juga dapat tahan terhadap suhu yang lebih baik. Berbeda dengan tipe extra virgin, Virgin Olive Oil memiliki rasa yang lebih ringan.

Virgin Olive Oil cocok digunakan untuk memasak dengan api kecil. Seperti Extra Virgin Olive Oil, minyak ini juga dapat digunakan untuk perawatan kulit.

BACA JUGA:Anggota DPRD Provinsi Sebut Beberapa Faktor Penyebab Kecelakaan, Ini Rinciannya

BACA JUGA:Atlet Popnas Jateng Boyong 39 Medali Emas, Ganjar Bangga Pembibitan Tuai Hasil

Refined olive oil

Jenis minyak zaitun ini diperoleh dari buah zaitun yang telah matang dan berwarna hitam. Dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya, minyak ini memiliki jumlah minyak zaitun murni yang paling sedikit karena mengalami serangkaian proses penyulingan.

Apabila minyak zaitun tidak memenuhi syarat untuk dianggap sebagai Virgin Olive Oil atau Extra Virgin Olive Oil, seperti yang ditentukan oleh tingkat keasaman dan faktor lainnya, maka minyak tersebut akan melalui proses pemurnian untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak diinginkan. 

Hasilnya adalah minyak yang hambar, hampir tidak berwarna, yang kemudian dicampur dengan sedikit minyak zaitun untuk memberikannya sedikit karakter zaitun. 

Minyak ini lebih cocok digunakan untuk memasak seperti menggoreng atau memanggang.

Sumber: