Dorong Peningkatan Ekosistem Halal Melalui Penguatan UMKM, Ini yang Dikatakan Pj Gubernur Jateng

Dorong Peningkatan Ekosistem Halal Melalui Penguatan UMKM, Ini yang Dikatakan Pj Gubernur Jateng

Pj Gubernur usai membuka Jateng Halal Vaganza 2024--

RADAR TEGAL - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana membuka Jateng Halal Vaganza 2024 di halaman Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah, Senin 25 Maret 2024 siang. Kegiatan tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mendorong peningkatan ekosistem halal dengan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan yang akan berlangsung pada 25-27 Maret 2024 digelar Pemprov Jateng dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Tengah. Dengan menghadirkan puluhan pelaku UMKM sebagai wujud untuk mendorong peningkatan ekosistem halal.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya mendorong pengembangan ekonomi syariah di Jateng. Serta wadah ekosistem halal yang ramah bagi UMKM dan masyarakat.

Menurutnya, potensi ekonomi syariah sangat besar di Indonesia termasuk di Jawa Tengah. Jumlah penduduk muslim di Indonesia mencapai sekitar 236 juta jiwa atau sekitar 86,7 persen, sementara untuk di Jawa Tengah sendiri setidaknya ada 35,6 juta jiwa penduduk muslim.

BACA JUGA: Permudah UMKM di Kabupaten Tegal Peroleh Sertifikat Halal, Dinkop Gandeng LPPOM Jateng

"Sektor industri halal mulai dilirik. Ini kesempatan menciptakan ekosistem halal bukan hanya sebatas label halal. Tetapi pada pemenuhan kaidah dan standar kesehatan serta kualitas barang dan jasa konsumsi," kata Nana.

Nana mengungkapkan jumlah UMKM di Jawa Tengah yang sangat besar. Karenanya, potensi untuk menciptakan ekosistem halal dan ekonomi syariah sangat penting, baik di Jawa Tengah maupun di Indonesia. 

"Potensi ini sudah mulai digarap dengan kolaborasi pemerintah daerah, KDEKS Jateng, BAZNAS Jateng, MUI Jateng, serta perbankan. Kegiatan ini kita libatkan UMKM yang sudah mendapatkan sertifikasi halal serta memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah," ujar Nana.

Sekda Provinsi Jateng, Sumarno menambahkan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Sekaligus sebagai bagian dari Nusantara Halal Fair yang digelar secara nasional.

BACA JUGA: Pj Ketua Dekranasda Resmikan Galeri Halal Jateng untuk Gerakkan Sektor Ekonomi

"Dengan tagline Jateng Halal Vaganza tahun ini adalah 'Makin Halal Makin Maksimal'. Harapannya dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan pelaku UMKM," katanya.

Sumarno mengatakan upaya Pemprov Jateng untuk meningkatkan jumlah UMKM bersertifikat halal terus dilakukan. Mulai dari sosialisasi hingga bantuan sertifikasi halal. 

"Khusus untuk sertifikasi halal, setiap tahun Pemprov Jateng memberikan bantuan kepada 500 pelaku UMKM. Juga ada bantuan dari Kemenag yang jumlahnya ribuan," jelasnya.

Sebagai informasi, Jateng Halal Vaganza 2024 ini diramaikan 35 booth indoor meliputi fashion, kraft, kuliner, oleh-oleh khas Jateng, parsel, dan lainnya. Selain itu, ada enam booth outdoor meliputi sembako dari Bulog, daging segar dari Dinas Peternakan Jateng, sayur dan buat dari Distanbun, kemudian ada telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih dari Dishanpan. (*)

Sumber: