5 Mitos Candi Prambanan Paling Populer di Kalangan Masyarakat, Ternyata Tidak Hanya Roro Jonggrang

5 Mitos Candi Prambanan Paling Populer di Kalangan Masyarakat, Ternyata Tidak Hanya Roro Jonggrang

Mitos Candi Prambanan-apryan-widodo-unsplash.com

RADAR TEGAL - Mitos Candi Prambanan kerap menjadi perbincangan siapa saja yang berniat berkunjung. Mulai dari kisah Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang hingga persembahan untuk dewa.

Candi Prambanan dengan keindahannya yang menakjubkan, telah menjadi tempat pemujaan, keajaiban arsitektur dan sumber inspirasi untuk banyak orang. Namun, seperti halnya situs bersejarah lainnya, candi ini juga dikelilingi oleh sejumlah mitos yang melekat kuat dalam budaya dan cerita rakyat. 

Dengan adanya mitos juga mampu menjadi daya tarik beberapa pengunjung baik yang mempercayainya ataupun tidak. Mitos-mitos yang beredar tidak menyurutkan keinginan para wisatawan untuk mengeksplor Candi Prambanan lebih luas lagi.

Memahami mitos Candi Prambanan yang beredar di kalangan masyarakat

  • Kisah cinta Roro Jonggrang

Salah satu mitos paling terkenal yang terkait dengan Candi Prambanan adalah kisah cinta Roro Jonggrang. Menurut cerita, Bandung Bondowoso jatuh cinta pada Roro Jonggrang, seorang putri dari Raja yang telah ia bunuh. 

Bandung Bondowoso meminta Jonggrang agar mau menerima cintanya, tetapi Roro Jonggrang memberikan syarat untuk membangun seribu candi dalam semalam. Dengan bantuan para roh dan makhluk halus, Bandung Bondowoso hampir menyelesaikan tugas itu hingga ayam jago berkokok sebelum fajar. 

BACA JUGA:Menguak Mitos Candi Prambanan Magelang: Datang Bareng Pacar Bisa Putus?

Percaya bahwa fajar telah tiba, para roh melarikan diri, dan Bandung Bondowoso marah. Mengetahui bahwa hal tersebut adalah perbuatan Roro Jonggrang yang menumbuk lesung, akhirnya Bandung Bondowoso mengutuknya menjadi candi yang ke-100 

  • Asal-usul candi

Mitos tentang asal-usul candi-candi ini sering kali muncul dalam berbagai cerita rakyat. Salah satu cerita yang populer adalah bahwa candi-candi ini dibangun oleh para raksasa dalam semalam. 

Kisah ini mencerminkan kagum akan keajaiban arsitektur candi tersebut, mengingat betapa sulitnya membangun struktur semegah itu tanpa teknologi modern.

  • Keberadaan jin penjaga

Beberapa mitos berbicara tentang keberadaan jin penjaga yang melindungi Candi Prambanan. Menurut cerita, jin-jin ini menjaga keamanan dan kerahasiaan candi, serta memberikan berkah kepada mereka yang datang dengan niat baik. 

BACA JUGA:Walaupun Kental dengan Mitosnya, Candi Prambanan Memiliki Fakta Unik Seperti Legenda Roro Jonggrang

  • Kehadiran makhluk gaib di malam hari

Sebagian orang percaya bahwa Candi Prambanan menjadi tempat bersemayamnya makhluk gaib, terutama di malam hari. Suara-suara aneh dan bayangan yang muncul di antara reruntuhan candi telah menimbulkan spekulasi mengenai keberadaan entitas supernatural di tempat ini. 

Mitos ini telah menginspirasi banyak cerita mistis dan pengalaman pribadi.

  • Persembahan kepada dewa-dewa

Sumber: