Menguak Mitos Candi Prambanan Magelang: Datang Bareng Pacar Bisa Putus?

Menguak Mitos Candi Prambanan Magelang: Datang Bareng Pacar Bisa Putus?

Mitos Candi Prambanan untuk orang pacaran-wendy-winarno-unsplash.com

RADAR TEGAL - Ada banyak mitos Candi Prambanan yang beredar di kalangan masyarakat. Namun, ada satu mitos yang dipercaya banyak orang yang konon katanya jika datang ke Prambanan bersama pacar akan mengalami putus cinta.

Benar atau tidaknya mitos tersebut tentu cukup mempengaruhi para pasangan yang berniat dating bersama pacar atau pasangannya. Banyak yang meyakini kebenaran mitos tersebut tetapi tidak sedikit juga yang tidak percaya mengenai mitos tersebut.

Meskipun memiliki segudang mitos, nyatanya Candi Prambanan tetap ramai pengunjung. Banyak yang penasaran dan ingin menguji kebenaran mitos-mitos di Prambanan atau hanya sekedar berkunjung saja.

Mitos Candi Prambanan untuk orang pacaran

Ada banyak sekali mitos yang berkaitan dengan orang berpacaran atau sepasang kekasih dengan daerah-daerah tertentu. Salah satunya ialah Candi Prambanan, apakah benar jika membawa kekasih ke Candi Prambanan terancam putus?

Ada beberapa tanggapan masyarakat mengenai mitos yang beredar mengenai pasangan yang berwisata ke Candi Prambanan. Seperti yang diketahui bahwa Candi Prambanan merupakan salah satu candi peninggalan sejarah yang terletak di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Mengupas Mitos Candi Prambanan: Dari Proses Pembangunan Menakjubkan Hingga Kisah Cinta yang Terputus

BACA JUGA:5 Misteri Candi Prambanan, Ternyata Lebih Dulu di Bangun daripada Candi Angkor Wat Kamboja

Mitos berawal dari kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Mulanya Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Roro Jonggrang dan ingin menjadikannya istri. 

Namun kenyataan pahit menghampiri, Roro Jonggrang tidak mau menikah dengan seseorang yang telah membunuh ayah kandungnya. Setelah dibujuk rayu oleh Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang akhirnya menyetujui lamarannya.

Tidak berakhir di situ, Roro Jonggrang mengajukan syarat untuk dibangunkan seribu candi dalam waktu satu malam. Namun ternyata Roro Jonggrang melakukan tipu muslihat untuk menghentikan pembangunan candi yang dilakukan Bandung Bondowoso. 

Mengetahui itu, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi Arca untuk menggenapi candi yang kurang satu sehingga genaplah 100 candi kala itu. 

Beranjak dari mitos atau kepercayaan tersebut, banyak yang percaya bahwa pasangan yang belum menikah yang berkunjung ke Arca Roro Jonggrang akan mendapat kutukan. Tidak hanya itu saja, konon katanya kisah mereka akan berakhir sama seperti Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Namun kepercayaan tersebut tidak harus diyakini sepenuhnya karena nyatanya banyak yang datang ke sana dan pulang dalam keadaan baik-baik saja dengan pasangannya. Mitos Candi Prambanan memang kerap membuat beberapa orang khawatir karena kejadian yang terjadi kebetulan selaras dengan mitos yang beredar.

Sumber: