Ungkap Misteri Relief Candi Prambanan, Kinara-kinari Mengapit Pohon Kalpataru Hewan Aneh Penuh Mistis

Ungkap Misteri Relief Candi Prambanan, Kinara-kinari Mengapit Pohon Kalpataru Hewan Aneh Penuh Mistis

Relief pohon Kalpataru candi Prambanan-Instagram@rina_tridana-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Ungkap misteri relief   Candi Prambanan yang  mistis  membuat sebagian orang penasaran  lantaran relief-relief terukir dalam dinding candi begitu unik    dan penuh mistis . Tema relief pada candi   Prambanan umumnya  mengusung flora  dan fauna salah satunya relief burung kakak tua jambul kuning

Relief lain yang tidak kalah menarik adalah  rusa,kucing, kelinci, angsa, macan, monyet anjing  dan burung. Kemudian relief makara merupan binatang gabungan  gajah dan buaya, hingga  kalamakara,  malakara   dan relief kinara-kinari berkepala manusia memiliki badan bentuk burung.         

 Kawasan Candi Prambanan memiliki  luas hampir 80 hektar kawasan taman wisata Candi Pramanan berada  di  Desa Karang Asem. Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memang indah mempesona

Relief  Ramayana dan Krishnayana

Salah satu cara ungkap misteri relief Candi Prambanan yang terkesan mistis  pada relief Ramayana dan Krishnayana. Mengutip situs Kemendikbud  relief Ramayana dan Krishnayana banyak  mengungkap tentang ajaran Hindu. 

Terletak pada tiga  bangunan candi  di pelataran dalam atau pelataran utama  yaitu Candi Wisnu, Candi Syiwa dan Candi Brahma. Rangkaian relief tersebut pada bagian dinding sebelah dalam pagar sepanjang lorong yang mengelilingi tiga candi utama.

Hal unik dari relief Ramayana dan Krishnayana adalah cara membacanya arah kanan ke kiri searah gerakan jarum jam mengitari  candi. Kondisi  itu sesuai ritual Pradaksina dengan ritual mengelilingi bangunan suci .

Relief Ramayana

Lalu  dimana letak relief Ramayana? Lokasi relief Ramayana berada di kawasan Candi Syiwa  yang  juga sebagai candi  utama. Terdapat arca Syiwa sehingga  dinamakan Candi Syiwa kemudian ada pula arca Dewi Durga perwujudan   Roro Jonggrang.

Relief Ramayana tepat berada dalam sisi dalam dinding yang cara membaca searah  jarum jam. Hal  menarik dalam ungkap misteri relief Candi Prambanan bagian cerita Ramayana  sepanjang relief dihiasi pahatan arca Lokapada.

Lantas apa itu Lokapada? Yakni sebutan dewa-dewa penjaga  arah mata  aingin dari mulai Dewa Bayu,Indra,  Baruna, Agni dan Yama. Meski banyak hiasan Lokapada dalam relief-relief Ramayana yang panjang  tertata rapi berurutan indah dipandang.

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

 Relief Ramayana dimulai  dari kisah Wisnu turun ke bumi atas kekacauan efek tingkah laku Rahwana membuat ricuh kerajaan. Begitu panjang relief Ramayana  dalam dinding Candi Syiwa yang diakhiri adegan pembangunan jembatan menghubungkan samudera dengan Negara Alengka.

Cerita Ramayana di Candi Brahma

Relief  Ramayana masih terus berlanjut  dari penggalan cerita yang dapat ditemukan di Candi Brahma.  Relief yang ada di Candi Brahma mengisahkan perang Rama dibantu  adiknya bernama Laksamana dan bala tentara kera.

Kisah  cerita Ramayana di  Candi Brahma begitu menarik menceritakan jalannya peperangan melawan Rahwana menyelematkan Shinta. Shinta adalah isteri Rama yang diculik Rahwana kemudian pergi  mengembara  ke hutan.

Shinta begitu nekad pergi ke hutan setelah dusir  Rama dengan kejam membuatnya mencari perlindungan seorang pendeta.  Berkat pertolongan pendeta  Shinta yang sedang  hamil tua  berhasil  melahirkan putra dengan selamat di bawah perlindungan seorang pendeta.

Relief Krisnayana

Sementara relief Krisnayana sebagian besar berada di dinding dalam Candi Wisnu yang menceritakan kisah kehidupan Krisnayana. Dalam relief terukir dalam dinding candi  dikisahkan secara lengkapa perjalanan hidup  dari  sejak dilahirkan sampai  diangkat sebagai raja Kerajaan Dwakara.

Pagelaran Sendratari Ramayana

Rangkaian cerita yang ada dalam  relief Candi Prambanan ditampilkan dalam  Sendratari Ramayana     dengan menggelar pagelaran wayang orang Jawa. Sedratari Ramayana sebenarnya sebuah pertunjukkan menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, diangkat  dari cerita Ramayana

Pentas  seni ini digelar setiap malam bulan purnama secara rutin di panggung  terbuka Candi Prambanan Konsep penataan panggung begitu menarik dengan latar belakang ketiga candi utama  sehingga tampak  megah   dan spektakuler apalagi diadakan saat bulan purnama

Lebih dari 200 penari profesiona dan beberapa  musisi lokal yang digelar  tiap hari  Selasa, Kamis dan Sabtu.   Pementasan panggung terbuka hanya  pada bulan kemarau selain hari itu  pagelaran digelar panggung tertutup

Relief Pohon Kalpataru

Ungkap misteri relief Candi Prambanan penuh misteri salah satunya relief pohon kalpataru  yang dalam agama Hindu sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Pohon kalpataru terukir pada relief Candi Prambanan sebagai ciri khas karena letak ini  unik dipahatkann di kaki ketiga  candi Trimurti,

Di samping itu relief pohon Kalpataru dipahatkan pada ketiga candi wahana  Prambanan yang pahatan jumlah bervariasi hanya dijumpai di Candi Roro  Jonggrang. Jumlah total relief  pohon Kalpataru setidaknya  ada 135 panel  pada seluruh dinding  candi utama.

Panil Prambanan

Hal unik dalam relief pohon Kalpataru Candi  Prambanan memiliki nama khusus  bernama Panil Prambanan. Menurut  penelitian Puslit  Arkeologi Nasional tahun 2011 terdapat 10 panil  Prambanan yakni  burung, rusa , kambing, kancil, monyet.

Selain itu hewan kelinci, kucing tupai, ayam jago,harimau  dan kinara-kinari. Kinara-kinari digambarkan makhluk  surgawi wujud kepala manusia  berbadan burung. Relief misterius dan mistis pada Candi Prambanan adalah pohon kalpataru  digambarkan mengappit singa.

BACA JUGA:5 Mitos Candi Prambanan Paling Populer di Kalangan Masyarakat, Ternyata Tidak Hanya Roro Jonggrang

Hal tersebut diduga masyarakat abad ke—9  memiliki kearifan lokal dalam mengelola lingkungan. Tidak hanya itu masih ada relief  yang misteri lainnya  keberadaan pasangan Kinara-kinari  terletak bagian    kaki pohon kalpataru.

Relief memiliki badan burung berkepala manusia  begitu  misterius selalu mengapit pohon kalpataru. Tidak diketahui secara pasti maksud  dari relief ini mengapa kepala manusia  sementara tubuhnya berupa badan burung                                                                                                         Kondisi relief seperti itu tidak masuk akal penuh misteri menimbulkan berbagai  spekulasi mengenai manipulasi genetik sehingga muncul hewan Kinara-kinari, Demikian tadi pembahasan ungkap misteri relief Candi Prambanan yang memiliki relief Ramayana, Krisnayana sampai relief  kalpataru.*

 

Sumber: