Walaupun Kental dengan Mitosnya, Candi Prambanan Memiliki Fakta Unik Seperti Legenda Roro Jonggrang

Walaupun Kental dengan Mitosnya, Candi Prambanan Memiliki Fakta Unik Seperti Legenda Roro Jonggrang

Walaupun Kental dengan Mitosnya, Candi Prambanan Memiliki Fakta Unik Seperti Legenda Roro Jonggrang-Travel Kompas -Sumber Gambar: Travel Kompas

RADAR TEGAL - Walaupun kental dengan mitosnya, rupanya Candi Prambanan memiliki fakta unik seperti legenda Roro Jonggrang yang menarik untuk dibahas.

Candi Prambanan merupakan situs warisan Dunia yang sedari dahulu sudah kental dengan kisah mitos yang masih dipercayai sebagian besar masyarakat Indoneisa.

Namun apakah hanya perihal mitos saja yang terkenal dari situs Candi Prambanan ini? Tentu tidak, menurut beberapa sumber situs warisan dunia ini memiliki beragam fakta yang unik.

Seperti yang akan Radar Tegal bahas kali ini yakni fakta unik dari Candi Prambanan yang salah satunya ialah legenda mengenai Roro Jonggrang. Jadi simak sampai habis artikel ini yah.

Fakta Unik Candi Prambanan

Berikut daftar fakta unik Candi Prambanan yang sudah kami rangkum dari rumah123.com, ini daftar fakta unikya:

1. Merupakan Situs Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Fakta unik yang pertama dari candi ini ialah, bangunannya yang menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia.

Dikatakan candi ini dibangun oleh seseorang pada era Jawa kuno tepatnya pada abad ke 9 yang tujuan pembangunannya diperuntukan kepada Trimurti atau sebutan untuk dewa utama agama Hindu yakni Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.

2. Lokasinya Terletak di Perbatasan dua Provinsi

Fakta unik selanjutnya dari situs Candi Hindu terbesar di Indonesia ini ialah lokasi kedudukannnya yang rupanya berletak di perbatasan dua provinsi.

Memang letak dari candinya sendiri berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta namun pintu administrasinya terletak di Provinsi Jawa Tengah, yang hal ini malah menambah kesan keunikannya tersendiri.

Tetapi lebih jelasnya candi ini lebih deat ke provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Digunakan Sebagai Tempat Ibadah

Sumber: