Ungkap Misteri Candi Siwa, Ada Arca Dewi Durga, Wujud Rara Jonggrang Selalu Bersinar Saat Malam Bulan Purnama

Ungkap Misteri Candi Siwa, Ada Arca Dewi Durga, Wujud Rara Jonggrang Selalu Bersinar Saat Malam Bulan Purnama

Arca Loro Jonggrang candi Prambanan-Instagram@politik_idn-

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Ungkap  misteri Candi Syiwa  yang dibangun masa Raja Pikatan dan Raja Balitung Kerajaan Mataram Kuno memang menarik. Candi yang terdiri  dari 3 pelataran utama yakni Candi Siwa,Candi   Wisnu dan Candi Brahma dibangun sebagai bukti masa kejayaan Hindu di tanah Jawa. 

Ketiga Candi Lambang Trimurti

Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur yang menariknya setiap candi utama memiliki satu  candi pendamping menghadap ke barat.

Yaitu Nandini untuk candi Syiwa kemudian Garuda untuk candi  Wisnu serta Angsa untuk Brahma. Penuh misteri dan mistis    komplek Candi Prambanan  lantaran bukan hanya candi  pendamping  saja melainkan terdapat 2 candi  apit,4 candi kelir,4 candi sudut,sedangkan halaman kedua memiliki 224 candi

Candi Syiwa,  Candi Terbesar

Ungkap misteri Candi Syiwa   menjadi daya tarik  tersendiri lantaran  merupakan candi terbesar di  komplek Candi  Prambanan. Ukuran Candi Syiwa berukuran 34 mX 34m X47 m menghadap  ke timur yang terletak di tengah-tengah antara Candi Brahma   dan Candi Wishnu .

Nama Syiwa diberikan oleh para arkelog, karena sebenarnya tidak memiliki nama, tetapi berdasarkan prasasti  Siwarga  yang ditemukan sekitar candi. Siwa berarti Dewa Siwa dan Gra berarti  artinya rumah atau dengan kata  lain rumah bagi  Dewa Siwa..

4 Ruang Candi Syiwa di Kawasan Candi Prambanan  yang Penuh  Mitos

Ungkap  misteri Candi Syiwa menjadi daya tarik tersendiri,karena kawasan candi ini berbeda dari  candi utama lain. Ciri khas dari bangunan bersejarah dibangun pada  masa Rakai Balitung 4 ruangan yang masing-masing berisi arca

Keempat arca tersebut terdiri dari arca Syiwa terletak satu ruangan utama kemudian tiga  ruangan lain. Yaitu arca Ganesha( putra Syiwa. Selanjutnya  arca Agastya( guru   Syiwa) dan arca Durga (  isteri  Syiwa) yang menarik arca Durga inilah disebut perwujudan arca Roro Jonggrang  dalam legenda.

Masih ada  candi  lagi  yang letaknya di depan ketiga  candi yang disebut Candi Wahana, yang fungsi candi ini berbeda dari lainnya.  Yaitu tempat menyimpan patung hewan yang menjadi kendaraan ketiga dewa tadi  memiliki ciri khas berbeda     

Patung Dewa Siwa

Lalu, siapa   sosok Dewa  Syiwa  sebenarnya  berada  di ruang   Dewa  Syiwa memiliki ruang utama berukuran 8X8 meter dengan tinggi 13 meter. Dewa Syiwa   digambarkan sebagai patung 4 tangan.2 tangan  lambang penghancur dan 2 tangan lainnya pembangun yang  usia 1200 tahun.

Pada ruangan Dewa siwa terdapat ukiran teratai yang tidak ditemukan di ruangan lain kemudian ruangan ini mistis dan sakral.  Hanya golongan brahma yangg dapat masuk ruangan syiwa terutama kalau ada upacara   agama Hindu dan orang biasa bisa menunggu  di bawah sampai memperoleh air  suci

Patung Agastya

Pada bagian candi Syiwa akan menjumpai sebuah ruangan yang dinamakan ruangan Agastya Ruangan ini berada tidak jauh dari ruangan Siwa berjalan sesuai  arah jarum jam akan tiba sebuah ruangan.

Ukuran lebih kecil dari ruangan Dewa siwa berisi patung yang selalu menghadap ke selatan. Ciri khas unik pada patung Agastya mirip wajah orang  Mongol dengan kumis maupun jenggot panjang. 

Kemudian sikapnya pada  tangan kanan mudra memakai  tasbih seperti Budha melambangkan pengajaran tentang kebenaran, Terdapat juga Trisula  melambangkan Trimurti( Brahma, Siwa dan Wisnu)

Patung Ganesha

Patung lain tidak  kalah menarik adalah patung  Ganesha sempat mengalami kerusakan akibat gempa 2006. Patung ini  unik penuh mistis badan manusia berkepala gajah yang disebut Ganesha kemudian anehnya tangan kiri memegang  mangkok berisi ilmu.

Begitu misteri patung Ganesha terlihat  dari belalanya  yang panjang  selalu masuk ke dalam mangkok. Artinya menyerap  ilmu  pengetahuan kemudian tangan kanann memegang patahan gading

Patung Dewi Durga

Ungkap  misteri Candi Siwa tidak kalah misteri dan penuh mitos  adalah  patung Durga yang berdiri di atas  kerbau memegang raksasa Asyura. Kemudian patung ini memiliki 8 tangan yang salah  satu tangan  pegang piringan bernama cakra sebagai  senjata

Mitos Patung Dewi Durga Bersinar

Candi Siwa dalam  kompleks Candi Prambanan memang penuh misteri  dan mistis  adanya cahaya msterius yang  muncul di wajah arca Dewi Durga. Hal unik dari cahaya pada wajah arca Durga hanya muncul  saat malam bulan purnama.

BACA JUGA:Kawah Candradimuka Dieng, Tempat Arjuna Ceburkan Gatotkaca Supaya Sifat Raksasanya Hilang

Menurut mitos beredar di masyarakat cahaya memancar pada patung ini berubah menjadi wanita  cantik perwujudan Rara Jonggrang. Bahkan mitos  tersebut  berkembang dalam masyarakat menyebut dapat dipercaya mempertemukan jodoh dengan cepat.*

 

 

Sumber: