Kenal Lebih Dekat dengan Suku Baduy yang Belum Tersentuh Teknologi dan Masih Mempertahankan Budaya Asli

Kenal Lebih Dekat dengan Suku Baduy yang Belum Tersentuh Teknologi dan Masih Mempertahankan Budaya Asli

--by katadata

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Suku Baduy merupakan suku yang tinggal di pedalaman Banten. Suku Baduy tinggal di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Suku Baduy bukanlah suku yang terasing, tetapi sengaja mengasingkan diri dari kehidupan dunia luar atau menghindari modernisasi dan menutup dirinya dari pengaruh budaya luar yang dianggap negatif dengan tujuan menjalankan amanat dari leluhur dan pusaka karuhun yang mewasiatkannya untuk memelihara keseimbangan dan keharmonisan alam semesta.

Kehidupan sederhana Suku Baduy dapat terlihat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mereka, contohnya tempat tinggal mereka yang seragam, pakaian yang digunakan, dan cara bertahan hidup dengan bercocok tanam. Mereka hanya memiliki satu keyakinan yaitu Sunda Wiwitan.

BACA JUGA:Unik! Desa di Indonesia Tempat Tinggal Suku Ini Gunakan Aksara Korea sebagai Aksara Resminya

Perbedaan Suku Baduy Luar dan Dalam

Suku Baduy dibedakan menjadi dua, yaitu Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Suku Baduy Luar dalam melaksanakan kehidupan sehari-harinya diberikan kelonggaran dalam melaksanakan hukum adat, tetapi ada batas-batas tertentu yang mengikat mereka. Sedangkan Suku Baduy Dalam masih mempertahankan kehidupan yang sederhana, hidup dengan berpegang teguh pada hukum adat, serta melaksanakan amanat leluhur. Baduy dalam juga masih melaksanakan “ngamumuke pikukuh Karuhun”.

Selain itu, yang membedakan Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam dapat dilihat dari warna pakaiannya. Jika Suku Baduy Luar pakaiannya berwarna hitam dengan ikat kepala berwarna biru, sedangkan Suku Baduy Dalam pakaiannya berwarna putih. Warna pakaian ini bukan hanya sembarangan memakai baju, tetapi memiliki makna. Warna hitam bermakna bahwa warga Suku Baduy Luar sudah tidak suci lagi dan warna putih bermakna bahwa Suku Baduy Dalam masih suci. Maksud suci disini adalah masih belum tersentuh kehidupan dunia luar, masih mempertahankan budaya asli.

BACA JUGA:5 Alasan Desa Adat Penglipuran Dinobatkan Menjadi Desa Terbersih di Dunia

Wisata Kampung Baduy

Jika Anda ingin mengenal lebih dekat dengan Suku Baduy, Anda dapat mengunjungi Wisata Kampung Marengo Baduy Luar yang berlokasi di Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Anda dapat menikmati keindahan alam Suku Baduy yang masih asri, sekaligus mengenal lebih dalam kehidupan Suku Baduy yang masih sederhana dan belum terjamah teknologi.

Demikian, informasi mengenai Suku Baduy yang masih belum terjamah teknologi dan masih mempertahankan budaya asli. Bagi Anda yang ingin mengenal Suku Baduy bisa mengunjungi Wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Semoga bermanfaat.***

Sumber: youtube/eru wahyudi