Suku Baduy Dalam dan 6 Aturan yang Membedakannya dengan Baduy Luar

Suku Baduy Dalam dan 6 Aturan yang Membedakannya dengan Baduy Luar

Suku Baduy Dalam--FactsofIndonesia.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia memiliki banyak kearifan lokal yang masih terjaga sampai sekarang. Seperti suku ini yang masih sangat menjaga kemurnian alam di sekitarnya. 

Melansir dari kanal youtube Ayi Astaman, berikut sederet informasi terkait Suku Baduy Dalam, salah satu suku dengan tradisi terunik di Indonesia.

Suku Baduy Dalam, Banten 

Suku Baduy Dalam tinggal di tengah hutan di kaki pegunungan Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

BACA JUGA:Tradisi Unik Suku Lamalera, Pemburu Paus Paling Tangguh di Dunia

Suku Baduy terbagi menjadi dua, Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaan mereka sebenarnya terlihat jelas dari pakaian yang mereka pakai. 

Baduy Dalam mengenakan pakaian hitam putih dan pengikat kepala yang juga berwarna putih. Sedangkan, Baduy Luar mengenakan pakaian dan pengikat kepala berwarna biru.

Dari waktu ke waktu, jumlah masyarakat suku ini semakin meningkat. Kalau di Baduy Luar lebih terbuka dengan orang luar, berbeda dengan Baduy Dalam. 

Suku yang sangat menjaga kelestarian alam 

Suku ini masih sangat memegang teguh adat istiadat, kepercayaan, dan aturan yang ada. Meskipun dunia sudah modern, hal ini masih berlaku sampai sekarang. 

Ada tiga kampung di Baduy Dalam. Di antaranya adalah Kampung Cikarta Warna, Kampung Cibeo, dan Kampung Cikesik. Hanya Kampung Cibeo saja yang boleh dikunjungi oleh wisatawan. 

Dengan adat istiadat dan budaya yang masih mereka pegang teguh, berikut larangan atau aturan yang berlaku di Suku Baduy Dalam dan sangat tidak boleh di langgar. 

Aturan yang berlaku di Suku Baduy Dalam 

1. Larangan mengambil foto atau video di sekitar kampung  

Sumber: youtube ayi astaman