Rumah Lapuk di Brebes Tiba-tiba Roboh, Penghuninya Ternyata 2 Lansia

Rumah Lapuk di Brebes Tiba-tiba Roboh, Penghuninya Ternyata 2 Lansia

RUMAH LANSIA - Shintya Sandra Kusuma, pengusaha muda menengok kondisi rumah lansia yang roboh di Sesa Tegongan Tanjung Brebes.--

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Rumah lapuk di BREBES tiba-tiba roboh. Penghuninya dua orang lansia Sotiyah (67) dan Sarinah (65).

Keduanya kaget saat mendengar suara gemuruh di rumahnya saat bagian samping rumah ambruk. Kebetulan pasangan lansia kakak beradik itu tengah berada di teras rumah selepas maghrib.

Sebelum roboh, tembok samping rumahnya sudah ditopang sejumlah bambu panjang. Sedangkan setelah roboh, topangan bambu ditambah agar atap rumahnya tidak ikut roboh. 

"Robohnya habis maghrib. Alhamdulillah saat itu saya dan kakak saya sedang berada di luar rumah. Awalnya ada suara gemuruh terus langsung brak," kata Sarinah, Minggu, 28 Mei 2023, kemarin.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat petang, 26 Mei 2023. Kedua lansia ini mendiami rumahnya yang sudah lapuk di RT 02 RW 02 Desa Tegongan Kecamatan Tanjung. 

BACA JUGA:Telan Anggaran Rp6,8 Miliar, Peningkatan Jalan Cikakak-Banjarharjo Brebes Dimulai

Saat itu, warga setempat langsung membantu membersihkan rumah yang ditinggali kedua lansia itu. Kondisi rumah itu kini ditopang dengan sejumlah bambu agar tidak kembali roboh yang lebih parah. 

Sementara di kedua kamar rumah itu masih berserakan puing-puing rumah. Sotiyah dan Sarinah pun terpaksa tidur di emperan rumah. 

Sarinah menuturkan, dirinya hanya tinggal berdua dengan kakaknya yang tunanetra. Keduanya sudah tidak bersuami. 

Sementara anak-anaknya telah berumah tangga dan tinggal di rumah kontrakan.

Kepala Desa Tegongan Susin mengatakan, pihaknya sudah mengetahui ada rumah warganya yang ambruk. Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinperwaskim) Brebes. 

Untuk penanganan sementara rumah Sarinah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinperwaskim Brebes dan akan segera dilakukan penanganan. 

Petugas Dinperwaskim pun sudah melakukan survei rumah yang ditinggali kedua janda lansia tersebut. 

"Rencananya besok Dinperwaskim mau kirim material ke sini untuk memperbaiki rumah Ibu Sarinah. Rumah Ibu Sarinah memang sudah lapuk dan sudah diusulkan sebagai penerima bantuan RTLH Dana Desa tahun 2024," ungkap Susin.  

Sumber: