Ini 5 Penyakit yang Sering Dialami Toyota Avanza 2023, Bikin Pusing Pemiliknya

Ini 5 Penyakit yang Sering Dialami Toyota Avanza 2023, Bikin Pusing Pemiliknya

Mumet, Adalah Istilah yang Cocok Ketika Toyota Avanza Kesayangan Anda Terkena 5 Penyakit Ini--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Sebagai satu-satunya MPV sejuta umat warga Indonesia, Toyota Avavanza selalu menjadi primadona bagi para calon pembelinya. Harganya yang murah dan ketangguhannya yang luar biasa, membuat MPV ini banyak digemari.

Meskipun di tahun 2023 kemarin penjualan Toyota Avanza kalah dengan saudaranya sendiri yakni Kijang Innova, MPV tersebut sudah sedari dulu ada dan diminati oleh para konsumen setianya.

Namun layaknya manusia Toyota Avanza 2023 tidak bisa luput dari yang namanya penyakit. Tidak jarang MPV sejuta umat ini mengalami beberapa masalah sehingga mengharuskan pemiliknya membawanya berobat ke bengkel.

Nah pada pembahasan artikel kali ini kita akan mencoba melihat beberapa penyakit umum yang biasa menyerang Toyota Avanza 2023, baik varian bekas maupun barunya. Simak penjelasannya dibawah ini.

BACA JUGA: Memang DIjual Murah, Namun Penyakit Satu Ini Selalu Bikin Tagihan Servis Toyota Kijang Innova Melejit

Beberapa penyakit/masalah pada Avanza yang bikin pusing pemilik

1. Mesin Ngambekan

Masalah yang sering dialami oleh Avanza tidak lain dan tidak bukan adallah mesin yang sering overheat (kepanasan). Ada kalanya mesin Avanza ngambek dan overheat karena adanya masalah pada sistem pendingginya.

Umumnya masalah pada sistem pendingin Avanza ada pada motor kipasnya yang tidak berputar secara maksimal. Masalah lain pada sistem pendingin seperti, radiator, water pum, hingga kipas seringkali menjadi penyebab overheat pada mesin.

Karena itu, disarankan untuk rutin mengecek sistem pendingin Avanza untuk menghindari overheat atau mesin kepanasan. Selain itu, gantilah air radiator sesuai anjuran pabrik untuk menjaga mesin tetap dalam keadaan stabil.

2. Mesin Sering Overheat

Penumpukan kerak yang semakin lama semakin menebal, mengakibatkan pembakaran tidak bisa optimal sehingga mesin sulit untuk dinyalakan. 

BACA JUGA: Daihatsu Xenia 2024, Punya Fitur Keselamatan Terdepan yang Pas untuk Mudik Lebaran

Penumpukan kerak pada sistem pengapian Toyota Avanza 2023 dikabarkan karena kebiasaan pemilik yang menggunakan bensin ber oktan rendah secara terus menerus.

Sumber: