5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Awet dan Nyaman, Performa Tetap Terjaga dan Awet

5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Awet dan Nyaman, Performa Tetap Terjaga dan Awet

Foto: 5 tips merawat motor listrik agar awet dan nyaman (polytron.co.id)--

RADAR TEGAL - Popularitas motor listrik di kalangan masyarakat terus meningkat. Tak heran, kendaraan ramah lingkungan ini bebas emisi dan turut menjaga kualitas udara.

Banyak yang beralih dari motor bensin ke motor listrik demi berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. Namun, sama seperti kendaraan lainnya, motor listrik pun membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap prima dan nyaman digunakan.

Perawatan rutin tak hanya menjaga performa motor, tetapi juga memastikan keamanan dan ketahanan baterai yang merupakan komponen vital. Baterai merupakan jantung dari motor listrik, menyimpan energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan motor.

Yuk, simak 5 tips jitu merawat motor listrik Anda. Simak di bawah ini untuk informasi selengkapnya:

BACA JUGA: Review Motor Listrik Polytron Fox R: Desain, Fitur, Performa, dan Harga

1. Periksa Sistem Pengereman

Tak hanya motor listrik, sistem pengereman merupakan komponen vital pada semua kendaraan bermotor. Fungsinya mutlak untuk memperlambat laju kendaraan dan memastikan keselamatan saat berkendara.

Pada motor listrik, periksa kampas rem secara rutin, idealnya setiap 2-3 bulan sekali. Kampas rem yang aus akan mengurangi kemampuan pengereman secara signifikan. Jika kampas rem sudah tipis atau tidak pakem lagi, segera lakukan penggantian untuk menghindari bahaya saat berkendara.

2. Ganti Van Belt secara Berkala

Motor listrik, seperti Gesits, memiliki van belt yang mudah terlihat. Van belt berfungsi meneruskan putaran motor ke roda belakang. Penggunaan motor listrik yang berlebihan dapat menyebabkan van belt putus di tengah jalan, tentunya merepotkan dan membahayakan.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti van belt secara berkala meskipun tarikan motor masih terasa baik. Interval penggantian van belt biasanya mengikuti anjuran pabrikan atau bengkel resmi.

Umumnya, penggantian dilakukan setiap beberapa kilometer penggunaan atau dalam jangka waktu tertentu. Untungnya, proses penggantian van belt tergolong mudah dan biayanya pun terjangkau, sekitar Rp135.000.

BACA JUGA: Ini 5 Kelebihan Battery Pack pada Motor Listrik Gesits, Jarak Tempuhnya Mampu Mencapai 50 Km

3. Cabut Baterai untuk Penyimpanan Jangka Panjang

Sumber: melansir dari berbagai sumber.