Hilal Tidak Terlihat di Tegal, Begini Penjelasan Kantor Kemenag

Hilal Tidak Terlihat di Tegal, Begini Penjelasan Kantor Kemenag

Tim dari Kementrian Agama dan Badan Hisab dan Rukiyah Daerah (BHRD) Kota dan Kabupaten Tegal melakukan pemantauan hilal awal Ramadhan di Kawasan obyek wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Rabu 22 Maret 2023 sore.--

BACA JUGA:Selama Ramadan Tempat Hiburan di Pemalang Tutup Total, Restoran dan Tempat Makan?

“Kita akan laporkan ke pusat karena itu bagian dari 124 titik yang sudah Kementrian Agama pusat tentukan untuk melaksanakan rukyatul hilal secara nasional,” tandasnya.

Tim Ahli BHRD Kabupaten Tegal Bakhroni menambahkan dengan ketingggian maksimal 8,1 derajat seharusnya hilal bisa terlihat tanpa menggunakan. Namun, karena cuaca sangat tidak mendukung, sehingga tidak terlihat.

“Kalau tadi sinar matahari saja tidak bisa terlihat apalagi rembulan. Tetapi kalau seandainya cuaca mendukung maka rembulan bisa terlihat,” ujarnya.

Selain ketinggian yang maksimal, ujar Bakhroni, waktunya juga cukup lama. Ada sekitar 32 menit sejak pukul 17.51 WIB.

BACA JUGA:Jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, Gubernur Jateng Sorot Inflasi dan Pergerakan Pemudik

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1444 H atau Ramadan 2023. 

Menteri Agama Yaqut Cholil dalam konferensi pers Rabu 22 Maret 2023 menegaskan, bahwa 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. 

"Tadi kita musyawarah secara mufakat, bahwa 1 Ramadan 1444 H jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023," kata Yaqut. 

Dengan demikian, umat muslim akan melaksanakan sholat tarawih pertama pada, Rabu 22 Maret 2023, malam. 

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Ganjar Kembali Gelar Program Parsel Lebaran Libatkan 125 UMKM di Jateng

Adapun, Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab kata Kamaruddin, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB. 

Kamaruddin menambahkan secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Ramadan 1444 H, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). 

BACA JUGA:Jelang Ramadan Polres Tegal Efektifkan Patroli Skala Besar

Sumber: