Kenali Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Kenali Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Kandungan Skincare yang Tidak boleh dipakai bersamaan-pexels.com/RNW-pexels.com/RNW

RADAR TEGAL - Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan ini wajib kamu ketahui agar tidak terjadi masalah pada kulit wajah saat menggunakan skincare. Apalagi saat ini sudah banyak skincare yang mempunyai kandungan aktif yang beragam.

Maka dari itu kamu harus mengetahui kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan dan tetap berhati-hati ketika memilih skincare untuk dipakai rutin setiap hari. Seperti diketahui skincare dengan kandungan-kandungan bahan aktif seperti retinol, vitamin c dan bahan lainnya mempunyai efek khusus ketika dipakai.

Apalagi untuk kandungan skincare yang biasanya dibuat dari bahan kimia bukan dari bahan-bahan alami yang mungkin jika bertemu kandungan kimia lain akan menimbulkan reaksi berbeda. Dengan mengetahui kandungan skincare yang tidak boleh pakai bersamaan kamu bisa menghindari resiko penggunaan skincare yang bisa merusak kulit wajah kamu.

Agar lebih jelasnya simak berikut ini penjelasan lengkap mengenai kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan :

1. Retinol dan AHA

Kandungan skincare pertama yang tidak boleh dipakai bersamaan adalah retinol (vitamin A) dan kandungan AHA atau asam alpha hidroksi. Kedua senyawa aktif ini memang memiliki manfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan dan bisa mempercepat pergantian sel kulit.

BACA JUGA:Rajin Pakai Skincare Malah Bikin Wajah Kusam? Ini Ternyata Penyebabnya

Namun apabila kedua kandungan ini dipakai secara bersamaan justru malah membuat manfaatnya hilang. Kedua senyawa ini mempunyai kemampuan untuk bisa mengelupas lapisan terluar kulit jika dipakai bersamaan justru malah membuat kulit rentan terhadap iritasi dan kemerahan.

2. Vitamin C dan AHA/BHA

Kandungan selanjutnya adalah vitamin C dan AHA/BHA tidak boleh dipakai secara bersamaan walaupun keduanya mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit. Dua senyawa aktif ini jika dipakai bersamaan akan mengurangi efektivitas dari ketiga kandungan tersebut.

Namun caranya kamu bisa menggunakan bahan ini pada waktu yang berbeda misalnya vitamin c pada pagi hari dan AHA/BHA pada malam hari. Dengan begitu kulit wajah tetap bisa menerima manfaat dari kedua bahan tersebut namun tidak akan mengurangi hasilnya yang didapatkan.

3. Retinol dan Asam Salisilat

Kandungan lainnya yang juga tidak boleh dipakai secara bersamaan adalah retinol dan asam salisilat yang jika dicampur malah mengurangi tingkat efektivitasnya. Dua kandungan ini mempunyai manfaat sama-sama mengeringkan kulit dan jika kulit terlalu kering maka akan meningkatkan produksi minyak membuat kulit wajah lebih rentan terhadap jerawat.

BACA JUGA:Cara Alami Atasi Beruntusan karena Salah Pakai Skincare, Efektif Bikin Mulus Lagi

Sumber: