Tinjau Lokasi Bencana di Brebes Selatan, Bupati Akan Kordinasi dengan Ahli untuk Cari Solusi

Tinjau Lokasi Bencana di Brebes Selatan, Bupati Akan Kordinasi dengan Ahli untuk Cari Solusi

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menyapa para pengungsi akibat bencana tanah bergerak di Desa Cinanas Kecamatan Bantarkawung.-Teguh Supriyanto-

BUMIAYU, radartegal.com - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE akan berkordinasi dengan ahli untuk mencari solusi ihwal bencana alam yang terjadi di wilayahnya.

Hal ini mengemuka saat bupati meninjau dampak kerusakan yang diakibatkan bencana tanah bergerak di Desa Cinanas Kecamatan Bantarkawung, Rabu 19 Oktober 2022.

Menurut Idza, sejak mendapat laporan terjadinya bencana di lokasi tersebut, Pemkab Brebes segera merespon.

Yakni melakukan upaya-upaya penanganan pasca bencana dengan melibatkan jajaran terkait dan juga potensi relawan kebencanaan yang ada.

BACA JUGA:Videonya Viral, Guru Ngaji Asal Pemalang di Kalimantan Timur Akhirnya Bisa Pulang, 27 Tahun Hilang Kontak

"Kondisi bangunan rumah yang terdampak memang mengalami kerusakan. Sehingga setiap malam, warga mengungsi di tempat penampungan dan baru kembali ke rumah pagi harinya," ungkap Idza.

Dengan kondisi yang terjadi di wilayah tersebut, kata Idza, Pemkab Brebes akan berkoodinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Itu dilakukan untuk mengetahui masih layak atau tidaknya wilayah tersebut untuk dijadikan permukiman.

"Dalam hal ini kita akan libatkan tim geologi untuk mengetahui, apakah wilayah ini masih layak ditempati," terangnya. 

BACA JUGA:Pembangunan 5 Pasar di Brebes Rampung Akhir Tahun Ini, Proyek Perpusda Perpanjangan

Kepada para korban bencana, Pemkab Brebes juga terus mengupayakan bantuan yang dibutuhkan. 

Secara pribadi, Idza merasa bersyukur bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, jika melihat dari dampak yang ditimbulkan.

"Saat ini Pemkab Brebes juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk membantu pemukiman warga yang terdampak bencana," ujarnya.

Bupati juga meminta masyarakat untuk meningkatkan rasa kebersamaan melalui gotong royong, dalam menghadapi terjadinya bencana alam ini.

Sumber: