Pasar Alun-alun Kota Tegal Kebakaran, Kerugian Ditaksir Capai Rp500 Juta

Pasar Alun-alun Kota Tegal Kebakaran, Kerugian Ditaksir Capai Rp500 Juta

RATUSAN JUTA- Insiden Pasar Alun-alun Kota Tegal kebakaran pada Senin, 13 Mei 2024 membuat pedagang rugi ratusan juta rupiah.-Istimewa-BPBD Kota Tegal

RADAR TEGAL- Pasar Alun-alun Kota Tegal kebakaran pada Senin, 13 Mei 2024 pagi. Api yang besar melalap belasan kios pedagang spare part kendaraan bekas yang berlokasi di Pasar Loak Jalan Tentara Pelajar Kota Tegal sekitar pukul 08.00 WIB. 

Kerugian akibat Pasar Alun-alun Kota Tegal kebakaran itu ditaksir mencapai Rp500 juta. Hal itu sesuai laporan kebencanaan dan kejadian wilayah Kota Tegal hari ini.

Dalam laporan tersebut disampaikan jika kebakaran kios Pasar Alun-alun Kota Tegal yang berada di Jalan Pancasila terjadi pada 12 kios pasar yang berada di sana. 

Pada Senin, 13 Mei 2024 Pukul 08.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kota Tegal mendapat laporan kebakaran kios Pasar Alun-alun Kota Tegal. 

BACA JUGA: 12 Kios Pedagang di Pasar Loak di Tegal Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

"Pukul 08.15 WIB personil TRC-PB BPBD Kota Tegal menuju lokasi. Pada Pukul 08.15 WIB Damkar Kota Tegal & TRC-PB BPBD Kota Tegal sampai di lokasi kemudian petugas langsung melakukan Assesment serta membantu penanganan kebakaran," terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tegal Muh. Mabrur.

Kemudian, mulai pukul 09.00 WIB, kebakaran tersebut masih belum padam dan masih masih proses pemadaman. Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dalam laporan tersebut disebut jika seorang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengalami luka berat saat pemadaman terjadi.

Dugaan sementara kebakaran dipicu hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios yang terbakar.

Salah satu pedagang, Masruhin mengatakan pagi itu dirinya mendapatkan laporan ada kebakaran kios di Pasar Alun-alun. Selanjutnya, dirinya kemudian mendatangi lokasi untuk mengeceknya.

BACA JUGA: Pasar Alun-alun Kota Tegal Tiba-tiba Kebakaran, Satpol PP: Habis Apel, Ada Kepulan Asap Hitam

"Saya ditelepon katanya ada kebakaran, kemudian saya langsung mendatangi lokasi. Ternyata benar, termasuk kios saya yang ikut terbakar," katanya.

Menurut Masruhin, dari pendataan yang dilakukan, sementara ada 12 kios yang terbakar. Dari jumlah itu, ada 4 yang sangat parah.

Sumber: