Lebaran Usai, Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Perhiasan Emas di Pegadaian

Lebaran Usai, Warga Brebes Ramai-ramai Gadai Perhiasan Emas di Pegadaian

Petugas tengah melayani warga yang gadai perhiasan emas di pegadaian Brebes--

RADAR TEGAL - Pasca lebaran 2024, banyak warga di Kabupaten Brebes ramai melakukan gadai perhiasan emas di pegadaian setempat. Seperti yang terlihat di salah satu kantor pegadaian pada Kamis, 18 April 2024 siang.

Sejumlah petugas tampak sibuk melayani warga Brebes yang melakukan gadai perhiasan emas di Pegadaian. Itu, mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan setelah perayaan Idulfitri kemarin.

Salah seorang warga Brebes Yanti (40) mengatakan, dirinya datang di Kantor Pegadaian untuk gadai perhiasan emas miliknya yang telah dipakai saat perayaan Idul Fitri kemarin. Perhiasan itu, berupa kalung, gelang dan cincin. 

"Sebelum lebaran lalu pas saat bulan puasa, sebenarnya baru ditebus dari pegadaian untuk dipakai saya dan anak-anak untuk nyadran (silahturahmi) ke saudara maupun kerabat. Setelahnya, saya gadai perhiasan emas ini kembali di Pegadaian," ungkapnya kepada awak media.

BACA JUGA: Tabel KUR Pegadaian 2024 Pinjaman 9 Juta, Cicilan Cuman 200 Ribuan Per Bulannya

Menurutnya, emas perhiasan tersebut kembali digadaikan untuk keperluan kebutuhan lainnya. Seperti modal berdagang, karena yang kemarin sudah habis.

Pimpinan Cabang Pegadaian Brebes, Tom Sutoro menjelaskan, sejak dibuka layanan pasca libur lebaran, seluruh pegadaian yang ada di Brebes, ramai di datangi warga untuk menggadaikan perhiasan emas miliknya. Rata-rata, lanjutnya, mereka menggadaikan emasnya kembali untuk kebutuhan hidup dan modal usahanya. 

Rata-rata yang menggadaikan barang khususnya perhiasan emas. Sebelumnya, pada bulan puasa lalu mereka menebus gadainnya.

"Menjelang lebaran, mayoritas konsumen menebus perhiasan emas untuk dipakai pada lebaran. Namun, setelah lebaran justru kebalik mereka kembali datang untuk menggadaikan lagi perhiasan emasnya," terangnya.

BACA JUGA: 7 Surat yang Diperlukan KUR Pegadaian Plafon 10 Juta, Pastikan Lengkap Supaya Pengajuan di-ACC

Menurutnya, mayoritas barang jaminan yang digadaikan 95 persen adalah perhiasan emasnya. Sementara yang barang gadaian lainnya 5 persen adalah barang gudang. Setiap harinya, lanjutnya, mencapai 400 orang yang menggadaikan barang ke Pegadaian. Jika pada hari normal, hanya pada kisaran 100 per hari.

"Diperkirakan banyak warga Brebes yang akan gadai perhiasan emas di pegadaian akan terus berlanjut. Biasanya, hingga dua pekan setelah lebaran," pungkasnya. (*)

Sumber: