Satu Keluarga Positif Covid-19, Tetangga Bergiliran Cukupi Kebutuhan Sehari-hari via WhatsApp

Satu Keluarga Positif Covid-19, Tetangga Bergiliran Cukupi Kebutuhan Sehari-hari via WhatsApp

Dijelaskan Tutuko, akumulasi jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Pusere Jawa itu, kini bertambah menjadi 599 kasus. "Sampai, Rabu (4/11) hari ini, ada 599 kasus dengan penambahan rata-rata berasal dari klaster keluarga."  

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Mardiyanto mengatakan lonjakan kasus per, Rabu (4/11), merupakan rekor tertinggi selama pandemi berlangsung. Mardiyanto menyebut aktivitas perjalanan masyarakat ke luar kota saat libur panjang 28 Oktober hingga 1 November lalu, menjadi salah satu penyebabnya. 

"Usai libur panjang kemarin, muncul klaster-klaster baru. Bahkan di wilayah yang sebelumnya hijau kini terjadi penularan, seperti di Pemalang Selatan," jelasnya. 

Wilayah Pemalang Selatan yang dimaksud adalah Kecamatan Randudongkal. Data tracing dan testing yang dilakukan Dinkes Kabupaten Pemalang akhir Okrober lalu, tercatat 16 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Untuk itu, dia meminta, masyarakat tidak boleh kendor menerapkan disiplin protokol kesehatan. Antara lain selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. (sul/zul)

Sumber: