Rahasia Mitos Bunyikan Klakson di Tempat Angker, Benarkah agar Terhindar Kecelakaan di Jalan?

Rahasia Mitos Bunyikan Klakson di Tempat Angker, Benarkah agar Terhindar Kecelakaan di Jalan?

Mitos Bunyikan Klakson di Tempat Angker--

RADAR TEGAL - Ada yang menarik dari mitos bunyikan klakson di tempat angker. Mitos tersebut ternyata punya arti dan tujuannya tersendiri yang konon banyak masyarakat pun meyakininya dan menjadikannya sebagai upaya kewaspadaan.

Di sepanjang perjalanan hidup manusia, tidak jarang kita dihadapkan dengan berbagai kepercayaan dan mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satunya mitos bunyikan klakson di tempat angker ini.

Mitos bunyikan klakson di tempat angker menjadi fenomena yang menarik untuk dibahas. Tempat angker di sini bisa jembatan, jalan dan kuburan dan sebagainya.

Untuk kali ini, Radar Tegal akan membahas mengenai mitos bunyikan klakson tempat angker dari berbagai sudut pandang. Baik terkait kepercayaan yang melatarbelakanginya hingga  kritik yang dilontarkan terhadapnya. Berikut informasi lengkapnya.

BACA JUGA: Mitos Keajaiban Air Tuk Bening di Kaligua, Brebes, Dibasuhkan ke Wajah Konon Bisa Membuat Awet Muda

Kepercayaan dan ritual masyarakat

Salah satu alasan utama mitos bunyikan klakson di tempat angker ini, konon yang masyarakat banyak percaya bahwa kita perlu meminta izin kepada makhluk gaib yang menghuni tempat serem tersebut. Jadi untuk sebagian masyarakat, hal ini dipandang sebagai bentuk penghormatan dan tata krama terhadap sesama makhluk yang keberadaannya terkait mengenai makhluk gaib dan sebagai tanda permisi saat melewati jalur tersebut.

Meskipun pandangan ini diterima oleh beberapa sebagian orang, tetapi ada juga yang memandangnya sebagai mitos dan bahkan juga syirik. Ada beberapa orang juga yang berpendapat mengenai mitos bunyikan klakson di tempat angker sebagai hal yang bertentangan dengan agama.

Alasannya, karena dianggap memohon perlindungan kepada makhluk gaib. Hal itu dianggap sebagai pengkhianatan terhadap kepercayaan kepada Tuhan.

Menghormati keberadaan makhluk gaib

Namun, ada pula kepercayaan masyarakat bahwa mitos bunyikan klakson di tempat angker adalah bentuk penghormatan terhadap keberadaan makhluk gaib tersebut.

BACA JUGA: Serem, 6 Mitos Menarik Ayam Cemani: Kepercayaan Mistis Terhadap Ayam Hitam Penuh Misteri

Dalam pandangan ini, manusia diharapkan untuk hidup berdampingan dengan makhluk gaib. Membunyikan klakson dianggap sebagai tindakan yang dapat menghindarkan dari kecelakaan atau gangguan yang mungkin timbul dari makhluk tersebut.

Sumber: