Mitos Keajaiban Air Tuk Bening di Kaligua, Brebes, Dibasuhkan ke Wajah Konon Bisa Membuat Awet Muda

Mitos Keajaiban Air Tuk Bening di Kaligua, Brebes, Dibasuhkan ke Wajah Konon Bisa Membuat Awet Muda

Mitos Tuk Bening di Kaligua Brebes--

RADAR TEGAL - Ada yang menarik dari mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes ini. Di tengah hamparan perkebunan teh di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sebuah tempat yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mengenai mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes ini serta sebutan namanya tersebut, merupakan tempat sebuah mata air yang memancarkan kejernihan airnya sepanjang waktu, bahkan saat diguyur hujan lebat sekalipun.

Airnya yang segar dan tak pernah keruh telah menjadi sumber keajaiban dan misteri yang melekat dalam mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebeslokal di daerah tersebut. Meski begitu kawasan wisata perkebunan teh itu, semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk itu, Radar Tegal akan membahas mengenai hal menarik yang menjadi sorotan yakni mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes yang konon konon mitosnya mempunyai manfaat yang menabjubkan. Berikut ini informasi lengkapnya.

BACA JUGA: Mengungkap Misteri Sejarah Tuk Dandang : Sumber Air Tak Pernah Surut di Kalisoka Tegal

Mitos penunggu gaib Tuk Bening Kaligua, Brebes

Menurut cerita yang turun-temurun dari para penduduk setempat, mengeni Tuk Bening ini konon kabarnya dihuni oleh lima penunggu gaib yang dipercaya menjaga kelestarian serta memberikan berkah kepada pengunjung yang datang.

Dari sosok penunggu ini diantaranya meliputi Mbah Tunggul Wulung, Mbah Rantamsari, Mbah Sri Wulandari, Mbah Rantas Wadung, dan Mbah Umbrah-umbruh.

Konon, para sang penunggu tempat ini senang jika pengunjung menggunakan air Tuk Bening untuk berwudhu dan bahkan sholat di mushola kecil yang berada di sekitar mata air tersebut.

Mitos manfaat magis air tuk bening

Untuk Mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes ini  yang melekat juga mengaitkan keberadaannya dengan berbagai manfaat magis yang menakjubkan.

BACA JUGA: Mitos Pintu Seng Sidapurna, Bangunan Peninggalan Belanda di Tegal yang Konon Mencari Tumbal Setiap Tahunnya

Salah satunya diantaranya adalah keyakinan mereka bahwa jika ada orang yang menggunakan air dari pancuran ke-5 Tuk Bening untuk mencuci muka atau diminum dapat memberikan efek awet muda serta membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk para pengunjung seringkali memohon doa kepada Tuhan dengan melalui penunggu Tuk Bening agar usaha mereka lancar , mendapatkan jodoh yang baik, meningkatkan pangkat atau jabatan, serta mendapatkan kesembuhan dari berbagai penyakit konon di percaya sebagai mitos setempat.

Pengelolaan dan pemanfaatannya

Selain menjadi objek wisata yang menarik dan punya cerita menarik dari Air mata Tuk Bening di Kaligua Brebes ini, tempat ini  juga kini dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan ekonomi dan sosial masyarakat setempat.

BACA JUGA: Asal Usul Bendungan Danawarih Tegal, Saksi Keunikan Sejarah Terbentuknya Kabupaten Tegal

Untuk Airnya dikemas menjadi air mineral yang dikenal sebagai air mineral Kaligua, yang telah mendapatkan ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM).

Selain itu, Tuk Bening juga dimanfaatkan sebagai sumber listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk penerangan di sekitar kawasan wisata dan perkebunan teh Kaligua.

Kesimpulan

Jadi mengenai Mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes ini, tidak hanya sekadar sumber air yang jernih dan segar, tetapi juga sebuah tempat yang sarat akan mitos dan keajaiban.

Mulai dari Kepercayaan akan adanya keberadaan penunggu gaib serta manfaat magis dari airnya telah menjadi bagian dari warisan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

BACA JUGA: Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Dengan pengelolaan yang baik, Tuk Bening telah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik serta memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Karena itu, menjaga kelestarian dan kebersihan Tuk Bening adalah tanggung jawab bersama agar mitos dan keajaiban yang terkandung di dalamnya dapat terus dilestarikan untuk generasi mendatang.

Demikian infomasi tentang Mitos Tuk Bening di Kaligua, Brebes yang sangat menakjubkan. Semoga Bermanfaat. (*)

 

 

Sumber: