Benarkah Pertanda Nasib Seseorang? Ini Mitos Menyapu pada Malam Hari yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

Benarkah Pertanda Nasib Seseorang? Ini Mitos Menyapu pada Malam Hari yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

mitos menyapu pada malam hari--

Radartegal.id - Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mitos menyapu pada malam hari yang menjadi budaya kuat dalam keseharian kita. Mitos ini berkembang dalam kalangan masyarakat tertentu.

Terdapat berbagai mitos menyapu pada malam hari yang berkembang di masyarakat mengenai aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan pada malam hari. Namun, kebenaran ini dipertanyakan sampai sekarang.

Salah satu mitos yang sering terdengar adalah bahwa menyapu pada malam hari tidak boleh dilakukan karena dapat membawa sial atau nasib buruk. Termasuk dalam urusan rezeki dan perjodohan.

Berikut berbagai kepercayaan pada masyarakat mengenai mitos menyapu pada malam hari. Benarkah berdampak pada rezeki, kesialan, dan perjodohan? Mari kita simak sampai selesai.

Mitos menyapu pada malam hari

BACA JUGA: 6 Arti Mitos Kupu- Kupu Masuk Rumah di Malam Hari, Pertanda Akan Kedatangan Tamu?

BACA JUGA: 5 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari, Ada yang Hamil di Luar Nikah?

Menurut petuah orangtua terdahulu, mitos menyapu pada malam hari dianggap seperti membuang rezeki. Apabila dilanggar maka dapat membawa nasib buruk dalam hidupnya.

Selain itu, kotoran di dalam rumah tersebut dinilai sebuah rezeki yang telah diterima sepanjang hari. Sehingga jika Anda menyapu rumah di malam hari, maka sama saja menolak rezeki.

Namun, jika dikaitkan dalam penjelasan yang lebih masuk akal, aktivitas menyapu di malam hari memang kurang tepat dilakukan, karena dapat mengganggu anggota keluarga lainnya yang sedang beristirahat.

Selain itu, saat menyapu rumah di malam hari kondisi penerangan pada zaman dulu masih gelap, dan dikhawatirkan kotoran yang disapu tidak terlihat.

Karena itu, lebih baik menyapu rumah saat kondisi masih terang, yakni di pagi atau sore hari agar lebih efektif dan terlihat dengan jelas kotoran yang hendak disapu ke luar.

BACA JUGA: Kisah Dibalik Mitos Rangda dan Barong di Bali yang Terkenal, Lebih dari Sekedar Jadi Warisan Budaya Setempat

Sumber: