5 Mitos Ular Masuk Rumah yang Jarang Diketahui, Tagih Janji Pemilik Rumah?

5 Mitos Ular Masuk Rumah yang Jarang Diketahui, Tagih Janji Pemilik Rumah?

Mitos ular masuk rumah memiliki pertanda apa?--Tangkap layar YouTube Abah Ramdhoni

Radartegal.id- Mitos ular masuk rumah yang akan kami bahas kali ini menurut kejawen. Yang dimana kepercayaan ini dipercaya oleh orang Jawa kuno.

 

Menurut orang pada zaman dahulu ular merupakan makhluk hidup yang memiliki unsur mistik dan dimana setiap kejadian yang berhubungan mengandung makna. Salah satu contohnya yang dikaitkan mitos ular masuk rumah bisa menjadi pertanda buruk maupun pertanda baik.

 

Salah satu yang paling familiar di lingkungan masyarakat mitos ular masuk rumah ada kaitannya janji seseorang tersebut yang belum ditepati. Selain itu dipercayai akan kedatangan tamu tanpa diundang.

 

Dikutip dari kanal YouTube Abah Romdhoni berikut ini 5 mitos ular masuk rumah. Tapi perlu digaris bawahi kamu bisa mempercayai maupun tidak ini tergantung pribadi masing-masing.

BACA JUGA:5 Mitos Bayi Terlilit Tali Pusar, Benarkah Banyak Kesialan yang Akan Menimpanya di Masa Depan?

Mitos ular masuk rumah

 

1.Pertanda buruk

 

Untuk pertama mitos ular masuk rumah menjadi pertanda akan kedatangan suatu malapetaka, kesusahan maupun musibah yang akan menimpa sang pemilik rumah jika ular tersebut masuk pada malam hari.

 

2. Pertanda akan kehilangan

 

Menurut orang zaman dahulu kalau ada ular masuk ke dalam rumah pada siang hari menjadi pertanda akan kehilangan salah satu anggota keluarganya. 

 

3. Pertanda terhindar dari bahaya

 

Selain menjadi pertanda hal buruk mitos ular masuk rumah juga bisa menjadi pertanda pemilik rumah akan terhindar dari bahaya dan musibah. Jika ular tersebut ketahuan masuk oleh pemilik rumah.

 

BACA JUGA:Mitos Seputar Burung Gagak, Sering Dikaitkan Pertanda Akan Adanya Keluarga yang Meninggal

 

4. Pertanda disukai dan dicintai seseorang

 

Datangnya ular jika masuk kedalam rumah merupakan pertanda bahwa ada seseorang yang menyukai maupun mencintai penghuni rumah tersebut. Nah jadi tidak dikaitkan dengan hal buruk terus ya.

BACA JUGA:7 Mitos tentang Barong sang Makhluk Mitologi asal Bali, Penjaga Kebaikan Berwajah Seram

5. Sebagai pengingat janji atau nazar

 

Berikutnya mitos ular masuk rumah sebagai pertanda pengingat janji ataupun nazar yang belum ditepati. Ular tersebut datang untuk mengingatkan janji atau nazar yang pernah terucap dahulu.

 

Selain itu, ular tersebut juga mengingatkan tentang suatu wasiat dari seseorang yang sudah meninggal dunia.

 

Mitos ular masuk rumah berdasarkan secara ilmiah

 

Dikutip dari kanal YouTube Males Baca selain mitos ular masuk rumah menjadi suatu pertanda, kejadian tersebut sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Ular masuk rumah biasanya sering terjadi pada saat musim kemarau tiba.

 

Pada saat itu air di permukaan tanah sulit ditemukan. Nah ular yang kehausan akan mencari air untuk bisa bertahan hidup.

BACA JUGA:Mitos Penunggu Puncak Gunung Merapi yang Dipercaya Warga Sekitar, Sosoknya Diyakini Nyata Adanya

Oleh karena itu ular akan masuk ke dalam rumah melalui saluran pembuangan air dan menyelinap ke bagian rumah yang lain. 

 

Mitos ular masuk rumah menurut Islam

 

Selain menurut penjelasan ilmiah, dalam Islam sendiri percaya dengan pertanda sial dari kejadian ular masuk rumah adalah salah satu bentuk thayyirah maupun syirik kecil yang harus kita hindari. Mempercayai ramalan- ramalan tersebut tidak akan memberikan manfaat dan justru akan menimbulkan mudharat bagi kehidupan di dunia, lebih kehidupan di akhirat.

 

Nah itulah dia beberapa mitos ular masuk rumah menurut kepercayaan orang zaman dahulu, menurut penjelasan ilmiah maupun menurut Islam. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: youtube