Tegas! Koramil Talang Kabupaten Tegal Larang Warga Buang Sampah ke Sungai

Tegas! Koramil Talang Kabupaten Tegal Larang Warga Buang Sampah ke Sungai

Komandan Koramil Talang Kapten Inf Radiono saat memimpin kerja bakti di Desa Kaligayam.-Yeri Noveli-

TALANG, RADARTEGAL.COM - Komandan Koramil Talang Kapten Inf Radiono secara tegas mengimbau ke warga supaya tidak membuang sampah ke sungai. 

Hal itu untuk mencegah terjadinya pendangkalan sungai dan mengakibatkan banjir.

"Kami sepakat membuat tulisan dilarang buang sampah di selokan maupun di sungai," kata Kapten Inf Radiono, saat memimpin kerja bakti di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Dalam kesempatan itu, Radiono bersama sejumlah anggota Koramil Talang melakukan kerja bakti di lingkungan Desa Kaligayam yang kerap dilanda banjir setiap musim hujan. 

Untuk sasarannya, mereka membersihkan parit atau selokan sepanjang sekitar 200 meter, menebang pohon liar yang menghalangi jalan dan mengangkat sampah serta rumput yang menyumbat di sungai.

BACA JUGA:Pohon Besar di Tegal Tumbang Timpa Truk dan Motor, Satu Pengendara Luka-luka

Menurutnya, kerja bakti ini tujuannya untuk menetralisir air hujan. Sehingga air dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya banjir. 

"Di sini banyak sekali saluran atau sungai yang tersumbat sampah dan rumput. Kalau tidak dibersihkan, ini bisa menimbulkan banjir," tegas Radiono.

Selain kerja bakti, Radiono juga mewanti-wanti kepada seluruh masyarakat Desa Kaligayam agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebaiknya sampah dikumpulkan dan dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS). 

"Kalau warga punya pekarangan, lebih baik warga menggali lubang untuk pembuangan sampah. Nantinya, lubang itu bisa menghasilkan pupuk kompos. Bisa dimanfaatkan untuk pertanian," sarannya.

BACA JUGA:Hwang Min Hyun Didaulat Sebagai Star Master Pertama Boys Planet 2023

Dalam kegiatan tersebut, Radiono tidak hanya melibatkan para anggotanya, tapi juga masyarakat desa serta Kepala Desa Kaligayam, Akhroni.

Menurut Akhroni, pihaknya sangat berterimakasih kepada jajaran Koramil Talang yang rela menyumbangkan tenaganya untuk kerja bakti di desanya.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk warga kami. Desa kami menjadi bersih dan tidak banjir lagi," imbuhnya. *

Sumber: