Kepala Desa di Slawi, Tegal, dan Brebes Diberi Pemahaman Partisipasi Masyarakat dalam Program JKN

Kepala Desa di Slawi, Tegal, dan Brebes Diberi Pemahaman Partisipasi Masyarakat dalam Program JKN

PERANAN - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Chohari tengah memberikan pemaparan saat sosialisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional (jkn) di Tegal, Slawi, dan Brebes.--

BPJS Kesehatan juga menekankan bahwa kepala desa dapat berperan aktif dalam mengedukasi warganya tentang pemayara iuran. Mengingat banyaknya peserta JKN yang tidak menyadari, kepesertaan mereka bisa nonaktif jika terlambat membayar iurannya.

“Kami juga memberikan penjelasan mengenai mekanisme pembiayaan bagi warga yang kurang mampu. Termasuk bagaimana cara mengurus bantuan iuran dari pemerintah,” tambah Chohari.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak terdaftar sebagai peserta program JKN. Selain itu. adanya layanan non tatap muka seperti Pandawa atau melalui aplikasi whatsapp dapat menjadi solusi bagi warga yang ingin layanan lebih cepat di mana saja

BACA JUGA: 50 Kepala Keluarga di Desa Tembok Banjaran, Kabupaten Tegal Akan Diberi Edukasi Pentingnya Program JKN

BACA JUGA: Kehamilan Ketiganya Berisiko Tinggi, Emak-emak di Brebes Ini Beruntung Operasi Sesarnya Terjamin Program JKN

Kegiatan ini disambut positif kepala desa maupun operator Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Salah satu operator DTKS, Sholeh (34) menyampaikan, pembekalan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan rekan-rekan kepala desa lainnya. 

Diakuinya, dia kini lebih memahami pentingnya JKN bagi masyarakat dan siap untuk mensosialisasikan informasi ini kepada warganya. “Kami akan segera menyosialisasikan informasi ini kepada warga, terutama tentang pentingnya membayar iuran tepat waktu." 

Tujuannya, ungkap Sholeh, agar mereka bisa terus menikmati layanan kesehatan yang disediakan. Di samping itu juga akan diteruskan soal solusi layanan administrasi BPJS Kesehatan melalui WA, Pandawa, yang dapat membantu tanpa terhalang waktu ataupun jarak. 

BPJS Kesehatan Tegal berencana untuk terus mengadakan kegiatan serupa di berbagai komunitas lain di wilayah Tegal. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang memahami dan terlibat aktif dalam program JKN, diharapkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat akan semakin terjamin. 

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas Pelayanan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Luncurkan Care Center 165

BACA JUGA:Audit Medis Faskes Mitra, BPJS Kesehatan Tegal Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Layanan untuk Peserta JKN

Demikian informasi tentang sosialisasi pemahaman partisipasi masyarakat dalam program JKN, yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Tegal. 

Sumber: