Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

mitos goa lawa purbalingga jawa tengah --

Kedua tokoh besar Islam itu, yakni Ahmad dan Mohammad bersembunyi di dalam Goa Lawa, ketika dikejar oleh senopati Majapahit bernama Ki Sutaraga. Mereka berhasil menyembunyikan diri selama beberapa hari di dalam goa, sebelum akhirnya bertemu dengan Ki Sutaraga. 

Dengan tipu muslihat yang cerdik, Ahmad dan Mohammad berhasil meyakinkan Ki Sutaraga bahwa mereka telah tewas dimakan harimau. Akibatnya, Ki Sutaraga pun tidak mencurigai mereka.

Kisah ini menjadi bagian dari sejarah Goa Lawa yang menyimpan pesona, sekaligus misteri di baliknya. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet memberikan suasana yang sejuk dan lembab di dalam goa, menciptakan pengalaman yang unik bagi para pengunjungnya.

BACA JUGA: Hewan dengan Mitos Menyeramkan di Indonesia, Nomor 4 Paling Dicari Saat Ritual

BACA JUGA: Nyaris Punah, Ini Mitos Burung Kepodang Emas dan Tradisinya pada Masyarakat Jawa

Goa Lawa memiliki luas yang cukup panjang, sehingga ada beberapa petunjuk arah dan petugas yang siap membantu para pengunjung agar tetap aman dan nyaman selama berada di dalam goa.

Meski merupakan sebuah goa, kondisinya tidak terlalu gelap berkat pencahayaan dari berbagai lampu warna-warni yang menghiasi setiap sudutnya.

Bagi para pecinta sejarah dan petualangan, Goa Lawa Purbalingga menjadi pilihan yang tepat untuk menggali pesona alam serta kisah menarik di baliknya.

Tak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, Goa Lawa juga memberikan kesempatan untuk merenungkan perjalanan sejarah agama Islam di daerah Jawa Tengah.

BACA JUGA: 6 Mitos Umum Seputar Santet, Ini Cara Membentengi Diri Agar Tak Terkena Serangan Gaib

BACA JUGA: 5 Mitos Tentang Burung Tekukur, Pembawa Kerukunan hingga Kesialan

                                   

Kesimpulan 

Mitos Goa Lawa Goa konon terbentuk akibat aktivitas lava yang keluar dari Gunung Slamet dalam waktu yang telah lama. Proses alami pembekuan lava selama periode tertentu membentuk Goa Lawa yang menakjubkan ini.

Demikian informasi mengenai mitos Goa Lawa Purbalingga. Semoga bermanfaat.

Sumber: