Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

mitos goa lawa purbalingga jawa tengah --

PURBALINGGA,radartegal.id- Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan, salah satunya Goa Lawa Purbalingga. Tak hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona, cerita mitos Goa Lawa pun ikut menyelimuti keindahannya. 

Mitos Goa Lawa  konon terbentuk akibat aktivitas lava yang keluar dari Gunung Slamet dalam waktu yang telah lama. Proses alami pembekuan lava selama periode tertentu membentuk Goa Lawa yang menakjubkan ini.

Menjadi salah satu wisata primadona di Purbalingga, rupanya wisata yang di kenal dengan sebutan Golawa ini memiliki sejumlah mitos yang jarang diketahui.

Suasana asri lengkap dengan rerumputan dan semak hijau rupanya menyembunyikan kisah mitos Goa Lawa. Penasaran kisah goa lawa yang jarang diketahui?. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: 7 Tradisi Tradisional Daerah di Indonesia dengan Mitos Tertentu, Ada yang Berhubungan dengan Roh Leluhur

BACA JUGA: Mitos Kali kumpe Desa Jejeg Tegal, Pohon Ini Tak Boleh Ditebang Jika Tak Mau Menanggung Akibatnya

Mitos Wisata Goa Lawa Purbalingga

                                    

Bukan hanya karena keindahan panorama alamnya saja, Wisata Goa Lawa juga memiliki sejumlah makna sejarah dan mitos yang kental didalamnya.

Dalam bahasa Indonesia, Goa Lawa berarti Goa Kelelawar, dan sebagai representasi dari namanya. Di tempat ini terdapat patung kelelawar raksasa yang menjadi ikon dari obyek wisata yang menarik tersebut.

Di balik keindahan panorama alamnya mitos dan kisah-kisah mistis turut menghiasi sejarah Goa Lawa Purbalingga.Menurut kepercayaan masyarakat setempat, goa ini memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di masa lalu.

Kisahnya berawal dari dua tokoh besar islam, yaitu Ahmad dan Mohammad, yang menjadi penyebar agama Islam pada saat itu.

BACA JUGA: Mitos Masyarakat Lamongan, Dilarang Makan Ikan Lele Kalau Tak Ingin Hal Ini Terjadi

BACA JUGA: Mitos Mbah Pesugihan di Pemalang yang Bisa Bikin Kaya Raya, Mau? Ini Dia Sosoknya

Sumber: