Wajib Hindari, Ini Kesalahan dalam Penggunaan AC yang Bisa Bikin Boros Listrik dan Cepat Rusak

Wajib Hindari, Ini Kesalahan dalam Penggunaan AC yang Bisa Bikin Boros Listrik dan Cepat Rusak

Kesalahan Dalam Penggunaan AC--

radartegal.id - Artikel ini akan membahas tentang kesalahan dalam penggunaan AC yang harus kamu ketahui. Penggunaan AC yang salah bisa menyebabkan pemborosan listrik dan pembengkakan biaya tagihan.

Masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penggunaan AC, namun mereka tidak menyadari hal tersebut. Selain menyebabkan pemborosan listrik dan penambahan biaya tagihan, penggunaan yang salah juga bisa membuat AC cepat rusak.

Karena itu, sebelum kamu membeli pendingin ruangan atau AC, akan lebih baik jika mengetahui bagaimana penggunaannya. Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa menggunakan AC dengan benar hingga tidak boros listrik dan lebih awet.

Jika listrik menjadi lebih boros sehingga tagihan lebih besar, sebagai pengguna kamu juga akan rugi. Jadi, berikut ini beberapa kesalahan dalam penggunaan AC yang harus kamu hindari.

BACA JUGA: Rekomendasi AC 1/2 PK Terbaik 2024, Harga Terjangkau Dilengkap Fitur Canggih

BACA JUGA: Cara Memperbaiki AC Bocor yang Mudah Dilakukan dan Penyebabnya, Tak Perlu Panggil Teknisi Dulu

Kesalahan dalam penggunaan AC

 

1. Tidak Menyesuaikan Ukuran Ruangan

Kesalahan yang pertama yaitu kamu tidak menyesuaikan ukuran ruangan dengan PK AC yang membuatnya menjadi lebih boros. Misalnya, jika kamu memiliki ukuran kamar atau ruangan 2 x 3, maka bisa memakai AC 1/2 PK saja.

Namun, jika ukuran ruangan kamu 4 x 4 atau 4 x 6, maka tidak bisa memakai pendingin ruangan yang 1/2 PK. Karena hal tersebut bisa menyebabkan boros listrik dan tagihan yang membengkak.

Jika AC yang kamu pakai terlalu kecil untuk ukuran ruangan, maka AC akan bekerja semaksimal mungkin untuk mendinginkan ruangan. Dan hal tersebut yang membuat pemborosan listrik.

2. Tidak Membersihkan AC

Sumber: