Cara Memperbaiki AC Bocor yang Mudah Dilakukan dan Penyebabnya, Tak Perlu Panggil Teknisi Dulu

Cara Memperbaiki AC Bocor yang Mudah Dilakukan dan Penyebabnya, Tak Perlu Panggil Teknisi Dulu

Cara Memperbaiki AC Bocor--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas tentang cara memperbaiki AC bocor yang seringkali sangat menganggu. Karena dinilai sangat menganggu, maka butuh perbaikan AC yang tepat agar pendingin ruangan tidak cepat rusak lagi.

Sebagai pengguna AC, kamu harus mengetahui bagaimana cara memperbaiki AC bocor agar bisa menangani masalah ini sendiri. Sebenarnya, bisa saja untuk memanggil tukang servis, namun tidak ada salahnya jika kamu mengetahui cara ini.

Sekarang, cuaca sedang panas-panasnya bahkan ketika malam hari saja panas masih terasa. Karena itu, jika AC kamu sedang rusak maka segera perbaiki dan menunda memperbaiki pendingin ruangan yang bocor juga bisa menambah kerusakan lainnya.

Dan berikut beberapa cara memperbaiki AC yang bocor dengan mudah dan bisa kamu praktekan sendiri di rumah. Jika kamu bisa melakukannya sendiri maka akan menghemat uang yang dikeluarkan untuk tukang servis.

BACA JUGA: Review AC portable Coolzy Terbaru 2024, Pendingin Ruangan Paling Simpel

Cara memperbaiki AC bocor

1. Membersihkan Saluran Pembuangan

Cara yang pertama yaitu dengan membersihkan saluran pembuangan agar kondensat bisa mengalir keluar. Saluran pembuangan bisa berupa pipa, tabung, atau hanya lubang pada bagian Bawah belakang tergantung dengan unit AC.

Kamu perlu untuk memeriksa saluran pembuangan dan memastikan jika kondensat mempunyai jalur yang jelas dan lancar. Kamu bisa menggunakan cuka dan air untuk membersihan kotoran yang tidak dapat dijangkau dan biarkan keasaman cuka membersihkan tabung.

2. Membersihkan Filter

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan filter dan cara ini merupakan yang paling sederhana meskipun bukan penyebab AC bocor. Kamu bisa melepaskan filter lalu sedot debu yang ada dan untuk kotoran yang menempel bisa digosok dengan air sabun.

Perlu diingat sebelum memperbaiki air conditioner, kamu harus mencabut steker AC dari dinding. Selain itu, filter AC juga perlu untuk kamu ganti secara teratur.

BACA JUGA: AC Low Watt Pendingin Ruangan Hemat Listrik, Ini 7 Pilihan Terbaik dan Tips Membelinya

3. Periksa Saluran Pembuangan

Sumber: