Mengenal Berbagai Mitos yang Berkembang di Indonesia, Nomor 7 dan 8 Familiar Banget

Mengenal Berbagai Mitos yang Berkembang di Indonesia, Nomor 7 dan 8 Familiar Banget

--

RADAR TEGAL- Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kepercayaan dan pantangan. Bahkan, berbagai mitos yang berkembang di Indonesia sampai saat ini masih ada dan dipercaya masyarakat kita.

Mitos yang berkembang di daerah di Indonesia memiliki berbagai mitos yang berbeda-beda atau bahkan tak jarang ada yang sama. Dimana di setiap daerah di Indonesia tentu berbeda tergantung masing-masing yang diturunkan dari orang tua terdahulu kepada anak-anaknya.

Mitos bisa diartikan sebagai kepercayaan yang terjadi turun temurun dari zaman dahulu yang berkaitan dengan sejarah yang terjadi sebelumnya dan merupakan bawaan dari alam bawah sadar. Mitos yang berkembang di Indonesia lebih sering berhubungan dengan makhluk gaib atau fenomena alam, dan mitos sendiri sebenarnya belum tentu fakta, belum bisa dibuktikan keasliannya.

Mitos-mitos yang berkembang di masyatakat Indonesia itu tidak tau asalnya dari mana, siapa penciptanya. Karena tiba-tiba beredar di sekitar masyarakat.

BACA JUGA: Mitos Jawa yang Klasik dan Unik Membawa Cerita Misteri, Penasaran? Inilah Daftarnya

Mitos di Indonesia

1. Jangan Duduk di Depan Pintu

 

Konon mitos jangan duduk di depan pintu akan membuat seret jodoh atau susah mendapatkan jodoh. Mitos ini sering kali di lontarkan orang tua kepada anak nya yang sedang duduk di depan pintu. 

 

Mungkin sebenarnya, itu adalah supaya anak tidak mengganggu orang yang hendak keluar atau masuk maka tidak diperbolehkan duduk di depan pintu.

 

2. Kupu-Kupu Masuk Ke Dalam Rumah

 

Mitos ini percaya bahwa jika ada kupu-kupu yang masuk ke rumah dan berkeliling maka akan kedatangan tamu secara tiba-tiba yang berasal dari keluarga, kerabat, sahabat, orang terdekat atau tamu dari jauh.

 

3. Burung Gagak di Atas Rumah

 

Mitos burung gagak terbang atau berputar-putar di atas rumah atau bertengger adalah pertanda buruk. Menjadi tanda bahwa salah seorang penghuni rumah akan sakit parah atau bahkan meninggal dunia.

 

BACA JUGA: Mitos 3 Goa di Indonesia yang Terkenal Angker, Konon Penunggunya Suka Menampakkan Wujudnya Pada Pengunjung

 

4. Ayam Berkokok di Sore atau Malam Hari

 

Mitos ayam yang berkokok di sore atau malam hari menandakan akan datang wabah penyakit, juga kesialan dan menandakan akan adanya pencurian atau perampokan.

 

5. Bersiul di Sore atau Malam Hari

 

Bersiul di sore dan malam hari dipercaya akan mengundang makhluk halus dan adanya gangguan mistis yang datang ke rumah.

 

6. Menyapu Tidak Bersih

 

Menyapu tidak bersih adalah cerita mitos Indonesia yang sangat terkenal. Apabila nyapu tidak bersih maka akan mendapat calon suami yang brewokan.

 

7. Duduk di Atas Bantal Akan Bisulan

 

Menurut mitos yang ada, duduk di atas bantal akan menyebabkan bisul di bagian pantat. Sebernarnya ini merupakan adab kesopanan agar tidak duduk diatas bantal yang berfungsi untuk menaruh kepala.

 

BACA JUGA: Mitos Seputar Ibu Hamil, Benarkah Gender Bayi Bisa Dilihat dari Bentuk Perut?

 

8. Makan di Depan Rumah Bisa Membawa Sial

 

Konon katanya jika makan di depan rumah bisa mengurangi rezeki atau menyebabkan kesialan. Namun, memang makan di depan rumah memang merupakan aktivitas yang terbilang kurang sopan.

 

9. Keluar Waktu Menjelang Maghrib Akan di Culik Wewe Gombel

 

Saat Magrib tiba, budaya Jawa percaya bahwa makhluk halus tengah berkeliaran. Salah satu mitos yang cukup populer adalah keluar saat Maghrib tiba bisa menyebabkan penculikan oleh wewe gombel, terutama untuk anak-anak.

 

Mitos ini sebenarnya baik untuk mengingatkan anak-anak main tidak sampai larut malam. Karena rasa ketakutannya, maka mereka akan pulang sebelum maghrib.

 

10. Larangan Memakai Baju Hijau Ke Pantai Selatan

 

Mitos lainnya yang terkenal adalah memakai baju hijau di pantai selatan. Jika ada yang memakai baju hijau di pantai selatan bisa hilang dibawa oleh Nyi Roro Kidul.

 

BACA JUGA: Unik dan Misteri, Inilah Mitos Larangan Makan Lele di Lamongan Konon Terkait Keris Sunan Gresik

 

11. Jangan Menyisakan Nasi Saat Makan

 

Mitos ini sangat terkenal bagi anak kecil, jika makan menyisakan nasi saat makan, maka nasi tersebut akan menangis. Sebenarnya ini agar anak sedari kecil tidak menyia-nyiakan nasi, agar anak diajarkan rasa bersyukur.

 

Kesimpulan

 

Itulah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia. Meski belum tau akan kebenarannya, Namun kamu bisa mengambil sisi positif pada mitos tersebut.

 

Semoga artikel tentang mitos yang berkembang di masyarakat Indonesia ini dapat membantu kamu. Selamat Membaca.(*)

Sumber: