7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

7 Cerita Mitos Gunung Slamet, Sang Atap Jawa Tengah--

Mitos Gunung Slamet selanjutnya penampakan manusia kerdil. Penampakan manusia kerdil diyakini sudah ada sejak dulu. Penduduk sekitar juga sering menemukan jejak kaki manusia kerdil.

Manusia kerdil sering menampakan dirinya ke penduduk setempat di perkampungan warga. Manusia kerdil dijelaskan memiliki kulit kemerahan dan tingginya 50-60 cm. 

4. Larangan Pendakian

Jika ingin mendaki, kamu jangan melanggar aturan ini. Aturan yang harus dipatuhi oleh para pendaki, seperti jangan mendaki ketika cuaca ekstrim, berbicara frontal, buang air kecil & besar sembarangan, memegang lutut saat mendaki, dan untuk perempuan dilarang mendaki saat haid. 

BACA JUGA: 2 Misteri Gunung Slamet yang Terkenal, Mitos Gaib Bikin Pendaki Tersesat Hingga Tidak Bisa Pulang

5. Binatang Jelmaan

Mitos Gunung Slamet berikutnya binatang jelmaan. Mitos yang satu ini juga sering dialami penduduk sekitar. Penduduk sekitar mempercayai bahwa binatang jelmaan memang benar adanya. 

Gunung Slamet banyak dihuni oleh binatang yang konon katanya jelmaan makhluk halus, seperti babi hutan, lutung, ular besar dan kuda sembrani. Namun masyarakat sekitar meyakini bahwa hewan tersebut tidak mengganggu selama kenyamanan mereka tak terancam. 

6. Upacara Ruwat Bumi

Gunung Slamet merupakan tempat sakral untuk tradisi upacara Ruwat Bumi. Setiap tahun masyarakat Desa Bambangan pada bulan suro, melakukan tradisi 'Ruwat Bumi' dengan tujuan memberikan keslamatan serta menciptakan keseimbangan antara manusia dan alam. 

Biasanya, upacara 'Ruwat Bumi' dilaksanakan pada malam selasa maupun jumat kliwon sebagai penghormatan pada bulan suro. Masyarakat percaya, setelah diadakannya tradisi ini akan ada rezeki alam dan terhindar dari gangguan makhluk halus.

BACA JUGA: Ketahui Sederet Fakta Unik Gunung Slamet, Benarkah Menjadi Kunci Pulau Jawa?

7. Banyak Tempat Angker

Mitos Gunung Slamet yang terakhir yaitu banyaknya tempat akhir. Gunung Slamet memiliki beberapa tempat angker yang dipercaya penduduk sekitar dan para pendaki. Tempat yang dianggap angker yaitu di pos 2 dan pos 9 yang banyak terjadi orang meninggal saat mendaki. 

Untuk membuktikan nya, salah satu penduduk mencoba tidur di pos 2, dan alhasil dia diganggu oleh makhluk halus. Sedangkan di pos 9 dikenal dengan pasar setan yang sering di dengar oleh pendaki.

Sumber: