7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

7 Cerita Mitos Gunung Slamet, Sang Atap Jawa Tengah--

RADAR TEGAL - Indonesia merupakan negara yang kaya akan cerita mistis, tak terkecuali 7 cerita mitos Gunung Slamet. Gunung Slamet terletak di Jawa Tengah, melingkupi wilayah Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas dan Prubalingga.

Gunung Slamet merupakan gunung yang mempunyai ketinggian 3.428 mdpl. Bukan hanya cerita mitos saja, Gunung Slamet juga dikenal sebagai 'Atap Jawa Tengah', karena puncaknya paling tinggi dibandingkan gunung lainnya di Jawa Tengah. 

Gunung ini diberi nama Slamet yang artinya selamat. Konon katanya, cerita mitos gunung ini tak pernah meletus dahsyat, sehingga penduduk yang berada di kaki Gunung Slamet merasa aman.

Dibalik kemegahannya, Gunung Slamet ternyata menyimpan cerita mitos yang masih dipercaya penduduk sekitar. Mitos yang paling terkenal di masyarakat yaitu 7 cerita mitos Gunung Slamet.

BACA JUGA: Jawa Akan Terbelah? Begini Kebenaran Mitos Gunung Slamet Mengenai Ramalan Jayabaya

Sampai hari ini, penduduk sekitar masih mempercayai cerita-cerita mitos yang turun temurun dari para leluhur mereka. Penasaran dengan mitos 'Atap Jawa Tengah' ini? Simak artikel ini sampai habis ya.

1. Gerbang Kerajaan Gaib

Mitos yang pertama yaitu gunung tertinggi di Jawa Tengah ini sebagai gerbang kerajaan gaib, yang terletak di Pos Samarantu, diantara pos 3 dan pos 4. Pos ini merupakan tempat peristirahatan yang jalurnya lewat guci. 

Pos Samarantu terkenal angker, banyak makhluk gaib bersarang di sana. Penampakan sering muncul dalam wujud seorang wanita lalu menghilang dan suara gamelan yang berbunyi di malam hari. Di Samarantu juga terdapat dua pohon besar, yang dipercaya sebagai gerbang kerajaan gaib.

2. Tempat Para Dewa

Mitos Gunung Slamet yang kedua yaitu tempat para dewa. Puncak Gunung Slamet dikenal sebagai tempat dewa yang menghubungkan antara bumi dan kayangan. 

BACA JUGA: 4 Mitos Paling Terkenal Gunung Slamet di Tegal, Ada Kutukan Kepada Penjual Nasi karena Sebab Ini

Penduduk setempat meyakini bahwa puncak Gunung Slamet merupakan puncak Gunung Meru India yang dibawa Dewa Wisnu dan Dewa Brahma ke Jawa, lebih dari itu Gunung Slamet diyakini ditanam, dengan tujuan agar Pulau Jawa menjadi kuat.

3. Penampakan Manusia Kerdil

Sumber: