Menjelajahi 5 Keutamaan Membaca Al-Quran, Fastabiqul Khairat Fii Yaumi Ramadhan

Menjelajahi 5 Keutamaan Membaca Al-Quran, Fastabiqul Khairat Fii Yaumi Ramadhan

RAMADHAN 2024- Keutamaan membaca Al-Quran diantaranya untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah dan ampunan yang kental dengan atmosfer spiritual yang istimewa. Di antara amalan istimewa yang mewarnai bulan ini adalah keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan, kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Lebih dari sekadar bacaan biasa, keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan menyimpan segudang faidah yang menanti untuk diraih. Sebagai umat muslim, sangat dianjurkan kita menyerukan ayat-ayat suci di bulan ini.

Banyak keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan yang kita dapat. Bahkan kita akan merugi apabila melewatkan faidah-faidah yang terdapat di bulan Ramadhan dengan membaca ayat suci Al-Quran.

Oleh karena itu kami telah merangkum beberapa keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan. Simak sampai akhir untuk meningkatkan kepemahaman kita di bulan yang suci ini. 

BACA JUGA: Keutamaan Sholat Tarawih Malam 1-30 Bulan Ramadhan, Ini Kata Kitab Durratun Nasihin

Pahala yang berlipat ganda

Setiap huruf Al-Quran yang dibacakan di bulan Ramadhan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. Ibnu Majah). 

Bayangkan, pahala yang dilipatgandakan hingga 70 kali lipat dari keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan, sungguh hadiah yang tak ternilai.

Menjemput syafaat Al-Quran di Hari Kiamat

Al-Quran bukan hanya bacaan, tapi juga pembela bagi pembacanya di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Quran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi pembacanya." (HR. Muslim). Al-Quran akan menjadi penolong di saat manusia membutuhkan syafaat dan pertolongan.

Menemukan pengampunan dosa dan kebaikan hati

Keutamaan membaca Al-Quran saat Ramadhan lainnya yaitu membuka pintu ampunan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang يقوم (qiyam) di bulan Ramadhan dengan iman dan ihtisab, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim). Lebih dari itu, ayat-ayat suci Al-Quran membawa ketenangan dan kedamaian bagi hati yang membacanya.

BACA JUGA: Kedai Radar Tegal, Tawarkan Sensasi Berbuka Puasa dengan Menu Lezat yang Hemat

Menjelajahi rahasia malam Lailatul Qadr

Sumber: