Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Usai Berbuka Puasa, Cegah Hal Ini Terjadi

Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Usai Berbuka Puasa, Cegah Hal Ini Terjadi

--

RADAR TEGAL- Seperti yang diketahui, Secara umum tubuh manusia membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih dan kurang asupan cairan bisa berdampak pada kondisi tubuh, salah satunya memicu dehidrasi alias kekurangan cairan. Padahal manfaat mengkonsumsi air putih saat puasa itu banyak loh.

Puasa berarti tidak makan maupun minum selama lebih dari 12 jam. Padahal, tubuh tetap beraktivitas dan membutuhkan asupan cairan. Lalu, bagaimana cara menjaga asupan cairan tubuh selama berpuasa? Kamu bisa coba menerapkan aturan minum air 2-4-2, yaitu pembagian waktu minum air putih selama puasa, ingat untuk tidak menyepelekan manfaat mengkonsumsi air putih.

Meski ada minuman lain yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh seperti madu, jus, teh manis, Namun perlu kamu ingat bahwa minuman yang manis-manis atau dibuat dengan pemanis buatan sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Alangkah baik nya, kamu minum air putih karna kaya akan manfaat mengkonsumsi air putih itu sendiri.

Apa saja sih manfaat mengkonsumsi air putih? Berikut adalah manfaat air putih:

BACA JUGA: Manfaat Air Putih Untuk Tubuh, Ini Takaran yang Benar!

1. Energi Tubuh Terjaga

Dehidrasi kurangnya cairan tubuh ketika puasa bisa mengakibatkan kelemahan pada otot. Akibatnya, kamu pasti akan merasa mudah lemas, lelah, dan kehilangan energi. Mengkonsumsi air mineral dengan kandungan kalium punya peran penting untuk mengaktifkan otot dan saraf.

Itulah mengapa penting nya memenuhi asupan cairan harian tubuh selama puasa membantu kamu tetap terhidrasi. Jadi, kamu bisa tetap beraktivitas dengan lancar meski sedang berpuasa.

2. Membantu Menajaga Metabolisme Pada Tubuh

Mencukupi asupan cairan selama puasa membuat metabolisme tubuh tetap terjaga. Karena kandungan mangan, krom, dan magnesium dalam air mineral mampu membantu membuat metabolisme nutrisi yang didapat dari makan sahur dan buka lebih optimal.

Meski demikian, tetap pastikan untuk aktif bergerak dan kamu rutin untuk olahraga supaya metabolisme tubuh meningkat. Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap cukup istirahat, konsumsi makanan yang sehat, dan menghindari stres yang berlebihan.

BACA JUGA: Selain Kurma, Ini 6 Buah yang Baiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa, Cepat Ganti Cairan Tubuh yang Hilang

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Selain menjaga metabolisme tubuh, memenuhi asupan cairan harian saat puasa juga dapat membantu menjaga kesehatan pada saluran pencernaan. Sebab, keluhan maag dan sembelit kerap terjadi selama bulan puasa.

Sumber: