Manfaat Air Putih Untuk Tubuh, Ini Takaran yang Benar!

Manfaat Air Putih Untuk Tubuh, Ini Takaran yang Benar!

Manfaat air putih untuk tubuh--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda, air putih ternyata tidak sesepele yang Anda bayangkan, lho. Di balik kesederhannya, ternyata air putih tidak hanya berguna untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Namun juga mempunyai beragam keuntungan lainnya, berikut manfaat air putih untuk tubuh.

Melansir dari stikesbanyuwangi.ac.id, diketahui bahwa air putih bebas dari kalori dan gula yang merupakan pilihan paling sehat untuk  menjaga tubuh supaya mempunyai cairan yang cukup, seklaigus mengatasi rasa haus kapan saja.

BACA JUGA: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Anda, Salah Satunya Membantu Menyuburkan Rambut, Cek Selengkapnya!

Tidak hanya itu, manfaat minum air putih untuk tubuh juga mempunyai beragam fungsi bagi tubuh yang meliputi:

  1. Membantu memberikan energi pada otor dan melumasi  sendi-sendi supaya  tetap lentur. Sebab, ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  2. Dapat menjaga kadar cairan tubuh, dengan begitu tubuh tidak mengalami  gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, surkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  3. Dapat menjaga kesegaran kulit.
  4. Dapat melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainya.
  5. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

BACA JUGA: 5 Skincare Anti Keriput yang Harus Kamu Gunakan Jangan Sampai Telat, Jaga Kesehatan Kulitmu

Berapa Takaran Normal Minum Air Putih supaya  Tidak Kekurangan Cairan?

Tahukah Anda bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum air putih sekitar delapan gelas berukuran 200 ml  per hari aatu total 1,6 liter.

Sedangkan untuk pria, disarankan minum air  putih sekitar  10 gelas berukuran 200 ml atau jika ditotal yakni 2 liter setiap  hari.

Namun selain dari minuman, makanan juga bisa memberikan asupan cairan pada  tubuh sekitar 20 persen.

Cairan dari makanan terutama yang diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air..

Yang perlu diketahui, manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar.

BACA JUGA: Ternyata, Selain sebagai Bumbu Dapur, Serai Juga Punya Manfaat Kesehatan yang Mengagumkan!

Demikian ulasan mengenai manfaat air putih untuk tubuh. Semoga bemanfaat. (*)

Sumber: