Nyungsep ke Genteng Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Kendaraan yang Harus Anda Periksa

Nyungsep ke Genteng Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Kendaraan yang Harus Anda Periksa

Nyungsep ke Gendeng Rumah Orang Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Rem yang Harus Anda Periksa --Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

3. Periksa Selang Rem

Selang rem juga menjadi komponen yang sangat penting untuk Anda periksa sebelum berkendara. Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan minyak rem dari master rem ke kaliper rem.

Apabila selang rem mengalami kebocoran atau terlalu tertekuk dapat menyebabkan rem motor blong. Hal ini sangat berbahaya apabila tidak diketahui oleh pengguna motor, terlebih jika ingin melakukan perjalanan jauh.

4. Periksa Master Rem

Master rem juga penting untuk Anda periksa kerana memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi master rem adalah menghasilkan tekanan minyak rem yang kemudian diteruskan ke kaliper rem dan kampas rem untuk menghentikan laju motor.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Cara Mengatasi Motor yang Terendam Banjir, Dijamin Anti Turun Mesin

Kampas rem yang kotor atau bahkan berkarat dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada sistem pengereman. Contohnya seperti rem tidak pakem, rem blong, hingga rem terasa keras.

5. Periksa Kaliper Rem

Terakhir komponen rem motor yang harus Anda periksa adalah kaliper rem yang merupakan komponen yang menjepit kampas rem ke piringan rem.  Ketika pengendara menekan tuas rem, kaliper rem akan bergerak dan mendorong kampas rem untuk menjepit piringan rem.

Nah apabila kaliper rem motor kotor atau berkarat, maka akan menyebabkan malfungsi, mengakibatkan kampas rem tidak menjepit piringan rem dengan sempurna. Hal ini mengakibatkan rem motor blong dan bisa berakhir kecelakaan.

Akhir kata

Nah jadi itulah ulasan mengenai beberapa komponen rem motor yang harus diperiksa agar rem motor tidak mengalami gagal fungsi. Selalu periksa dengan benar komponen-komponen motor termasuk rem, agar tidak mengalami rem motor blong.

Demikian informasi pada artikel ini semoga yang disajikan dapat bermanfaat.(*)

Sumber: