Sempat Kosong, Empat Pejabat Eselon II di Brebes Akhirnya Terisi

Sempat Kosong, Empat Pejabat Eselon II di Brebes Akhirnya Terisi

Sempat beberapa bulan mengalami kekosongan, akhirnya empat jabatan eselon II memiliki pejabat definitif. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sempat beberapa bulan mengalami kekosongan, akhirnya empat jabatan eselon II memiliki pejabat definitif. Keempat jabatan tersebut merupakan hasil lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) beberapa waktu lalu.

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar di lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes, Rabu 3 Juli 2024. Selain melantik empat jabatan eselon II yang merupakan hasil JPTP, Pj Bupti juga merotasi empat pejabat eselon II di Pemkab Brebes.

 

Pj Bupati Iwannudin Iskandar menjelaskan, lamanya pelantikan jabatan hasil selter JPT Pratama ini karena proses persetujuan dari pemerintah pusat hingga pemerintah provinsi yang cukup panjang. Namun dia menegaskan bahwa pelantikan pejabat hasil selter JPT maupun rotasi dilakukan sesuai prosedur. 

 

"Kami baru dapat persetujuan dari pemerintah pusat. Selanjutnya disetujui pemerintah provinsi kemarin 24 Juni, dan baru pelantikan hari ini. Untuk pejabat open bidding maupun rotasi juga prosedunya sama," ungkapnya usai pelantikan. 

 

BACA JUGA: Hari Terakhir Seleksi JPT Pratama Brebes, 25 Pelamar Siap Berebut 4 Jabatan Eselon II

 

BACA JUGA: 4 Jabatan Eselon II Pemkab Brebes Kosong, Lelang JPT Pratama Segera Dibuka

 

Iwannudin menegaskan, dirinya akan melakukan evaluasi terhadap para pejabat yang baru dilantik setiap tiga bulan. Evaluasi ini dilakukan terkait dengan kinerja mereka dalam membantu upaya menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Brebes. Kami berharap mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 

 

"Kami berharap mereka bisa bekerja profesional untuk mengatasi masalah kemiskinan, pendidikan, dan masalah lain. Kita akan lakukan evaluasi setiap tiga bulan," tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) BKPSDMD Brebes Arif Jutawan mengatakan, delapan pejabat yang dilantik tersebut terdiri dari empat pejabat hasil rotasi, dan empat pejabat hasil selter JPT Pratama yang dibuka pada awal Februari 2024 lalu. 

 

Rinciannya, pejabat hasil JPT terdiri dari Kepala Bagian Pembangunan Setda Brebes, Ana Dwi Rahayuning Rizki dilantik sebagai Asisten II Bupati, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dhani Asmoro dilantik menjadi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinperwaskim). 

 

BACA JUGA: DPRD Brebes Ingatkan Bupati Terkait Wacana Rotasi Pejabat Eselon II

 

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Wali Kota Mutasi 7 Peiabat Eselon II dan III

 

Kemudian Kepala Bagian Hukum Setda Brebes, Moh. Samsul Haris dilantik menjadi Kepala Satpol PP, serta Kepala Bagian Kesra Setda Brebes, Sumarno kini dilantik menjadi Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag). 

 

Sementara pejabat hasil rotasi terdiri dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rofiq Qoidul Adzam dirotasi untuk menjabat Asisten III Setda Brebes, Furqon Amperawan MP yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dilantik menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP), Eko Supriyanto yang sebelumnya menjabat Asisten III Setda Brebes dilantik menjadi Kepala Disbudpar, Kepala DPKP Yulia Hendrawati dilantik menjadi Kepala BKPSDMD. 

Sumber: