Nyungsep ke Genteng Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Kendaraan yang Harus Anda Periksa

Nyungsep ke Genteng Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Kendaraan yang Harus Anda Periksa

Nyungsep ke Gendeng Rumah Orang Gegara Rem Motor Blong, Ini 5 Komponen Rem yang Harus Anda Periksa --Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Video 2 remaja yang viral gara-gara nyungsep ke genteng atau atap rumah orang gegara rem motor blong sempat ramai dibicarakan. Hal itu sebenarnya tidak terjadi jika kondisi rem baik. Ulasan tata cara merawat rem motor yang benar bisa Anda simak di bawah ini.

Dalam video yang viral memperlihatkan 2 orang remaja yang mengalami kecelakaan. Kecelakaan diduga karena rem motor blong sehingga dua remaja tersebut tidak bisa melakukan pengereman di jalan yang menurun.

Akibatnya motor beserta dua remaja tersebut menabrak atap rumah warga yang berada di bawah jalan berbelok tersebut. Kejadian rem motor blong yang berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya ini, sontak viral di media sosial khususnya TikTok hingga beberapa warganet berkomentar lucu.

Nah belajar dari kejadian rem motor blong s ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga rem motor Anda agar tidak blong. Berikut caranya bisa Anda simak melalui segmen di bawah ini.

BACA JUGA: Tips Libas Banjir Astra Motor Jateng Agar Tetap Aman Berkendara

Cara menjaga rem motor agar tidak blong

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga rem motor Anda tetap pakem dan tidak mengakami blong. Berikut tipsnya antara lain:

1. Periksa Kampas Rem Secara Berkala

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah memeriksa kampas rem secara berkala. Kampas rem sendiri merupakan komponen vital pada sistem pengereman yang sangat penting dicek kondisinya.

Jika kampas rem sudah menipis atau sudah aus dapat menyebabkan sistem pengereman tidak berfungsi atau yang lebih dikenal dengan istilah rem motor blong. Maka dari itu, periksa kampas rem secara rutin minimal 2 bulan sekali.

2. Periksa Minyak Rem

Minyak rem juga penting untuk Anda periksa agar tidak terjadi yang namanya rem motor blong. Minyak rem sendiri berfungsi sebagai penghantar tekanan dari master rem mke kaliper rem.

BACA JUGA: Siap Meluncur di Semester Pertama, Ini Spesifikasi Motor Honda PCX 175 2024, Penggemar Harap Bersabar

Jika minyak rem sudah kotor atau sudah berkurang, dapat menyebakan rem tidak berfungsi secara optimal. Maka dari itu, segera ganti minyak rem apabila sudah kotor atau kotor.

Sumber: