Nama Kaesang Tiba-tiba Muncul Saingi Mantan Kapolda Jateng di Pilgub Jateng 2024, Kalahkan Nama-nama Beken

Nama Kaesang Tiba-tiba Muncul Saingi Mantan Kapolda Jateng di Pilgub Jateng 2024, Kalahkan Nama-nama Beken

MENCUAT - Mantan Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Lutfi (kiri) dan Kaesang Pangarep disebut-sebut sebagai calon kuat di Pilgub Jateng 2024 mendatang.--

radartegal.id - Tensi pilkada Jawa Tengah mulai naik, menjelang pengumuman kandidat dari partai politik (parpol). Teranyar nama Kaesang Pangarep tiba-tiba melejit sebagai salah satu bakal calon gubernur di Pilgub Jateng 2024 pengganti Ganjar Pranowo.

Uniknya lagi, putra bungsu Presiden Jokowi itu langsung menyalip dan mengalahkan popularitas Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Sebelumnya, Bambang Pacul disebut-sebut sebagai bacagub yang akan dimajukan Moncong Putih.

Terbaru berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), Kaesang Pangarep bahkan menembus tiga besar top of mind Pilkada Jateng 2024. Tak tanggung-tanggung, namanya melesat dan langsung berada di peringkat kedua.

Kaesang Pangarep hanya tertinggal dari Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dengan 5,2 persen. Dia yang memiliki angka 2,5 persen, berhasil meninggalkan Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono (2,1 persen), Bambang Pacul (1,8 persen), Dico Ganinduto (1,7 persen), dan Taj Yasin Maimoen (1,5 persen).

Pilgub Jateng 2024

Temuan ini membuktikan bahwa kans Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu lebih berpeluang di Pilgub Jateng 2024 ketimbang Pilgub DKI Jakarta 2024. Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos menilai, peluang elektoral Kaesang di Jateng dan Jakarta telah diuji oleh beberapa lembaga survei.

"Misalnya, survei terbaru LSI menyebut Kaesang potensi besar menang Pilgub Jateng dengan berbagai skenario," ujar Subiran sebagaimana yang dikutip dari RMOL, Rabu 3 Juli 2024.

Ia menyebut, penempatan Kaesang di Pilgub Jateng juga tidak mempengaruhi elektabilitasnya dan memiliki potensi menang. Menurutnya, entah sebagai cagub atau cawagub atau dipasangkan dengan siapapun, Kaesang tetap populer.

"Tidak mempengaruhi potensi dia menang," tuturnya.

Karena itu, ia menilai Kaesang akan jauh lebih kuat di Jateng ketimbang harus bertarung di Pilgub DKI Jakarta 2024. Dia juga menilai, hal ini patut dipertimbangkan Kaesang dan PSI untuk maju di Pilgub Jateng 2024.

"Karena lebih menguntungkan secara elektoral dan isu politik ketimbang di Pilgub Jakarta," tandasnya.

Sebelumnya, kuatnya nama Kaesang di Pilgub Jateng 2024 juga dilirik PDIP. Bahkan, PDIP pun mempertimbangkan mengusung Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah 2024.

"Iya dong (Kaesang), jadi salah satu pertimbangan juga," kata Ketua DPP PDIP, Puan Maharani kepada wartawan, Selasa 2 Juni 2024.

Puan juga tak mempermasalahkan soal elektabilitas Kaesang yang mengalahkan Bambang Pacul. "Nggak apa-apa, bagus Kaesang," pungkas Ketua DPR RI tersebut.

Sumber: